Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 03 Jun 2021 16:40 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Serunya Puluhan Mobil Offroad Jelajahi Lereng Gunung Semeru

Offroad di Lereng Gunung Semeru
Foto: Offroad di lereng Gunung Semeru (Nur Hadi Wicaksono/detikTravel)
Lumajang -

Puluhan off roader yang tergabung dalam komunitas Indonesia Offroad Federation (IOF) serta Galena asyik menjelajahi medan lereng gunung Semeru. Seru banget!

Mereka berasal dari sejumlah kota seperti Jember, Malang, Jakarta dan mengikuti kegiatan offroad di lereng gunung Semeru, Lumajang.

Jalur lereng gunung Semeru sengaja dipilih karena treknya sangat menantang. Para off roader disuguhi medan yang harus ditaklukkan berupa hutan pinus gunung Semeru, tanjakan curam, sungai serta bebatuan terjal.

Meski demikian, medan yang sulit tak membuat nyali para offroader ciut. Para peserta mengaku jalur di lereng gunung semeru sangat menantang, apalagi persiapan khusus sebelumnya sudah dilakukan oleh para offroader baik mesin maupun roda kendaraan.

"Untuk persiapannya lumayan matang, jalurnya menyenangkan, tantangan medannya penuh tantangan berupa sungai, bebatuan, jalur v, naik turun bebatuan meskipun demikian saya merasa senang," ujar Offroader asal Jember, Noki Prasetyawan.

Offroad di Lereng Gunung SemeruOffroad di Lereng Gunung Semeru Foto: Nur Hadi Wicaksono/detikTravel

Kegiatan offroad tersebut digelar oleh Komando Pembina Doktrin, pendidikan dan latihan TNI AD (Kodiklatad). Dalam kegiatan offroad yang juga diikuti perwira tinggi TNI AD ini juga dilaksanakan bhakti sosial dengan pemberian bantuan pembangunan masjid Baitul Kamal serta paket sembako kepada masyarakat di desa Pronojiwo, kecamatan Pronojiwo, Lumajang.

"Kita laksanakan adventure di lereng gunung Semeru sekaligus melakukan bhakti sosial dalam rangka latihan menembak senjata berat terintegrasi Pussenarhanud Kodiklat TNI AD tahun anggaran 2021 kepada masyarakat di desa Pronojiwo. Peserta offroad ini dari komunitas IOF, Galena serta perwira tinggi TNI AD yang hobi berpetualang," ujar Komandan Kodiklat TNI AD Letjen TNI Anto Mukti Putranto kepada detikcom, Selasa (2/6/2021).

Offroad di Lereng Gunung SemeruOffroad di Lereng Gunung Semeru Foto: Nur Hadi Wicaksono/detikTravel

Pemerintah Kabupaten Lumajang nantinya berencana akan membuat destinasi wisata offroad di lereng gunung Semeru Lumajang. Sehingga diharapkan bisa membuat ekonomi masyarakat semakin tumbuh.

"Hari ini kita menjajaki destinasi wisata segmen of road. Ini bisa menjadi satu paket kegiatan offroad mulai kecamatan Pronojiwo hingga finish di kecamatan Candipuro," ujar Bupati Lumajang Thoriqul Haq.

Dalam kegiatan ini, para off roader diwajibkan menerapkan protokol kesehatan mulai dari mencuci tangan sebelum kegiatan, mewajibkan memakai masker, serta menjaga jarak saat offroad.



Simak Video "Unik! Penampakan Gunung Semeru 'Bertopi' Awan"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA