Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 12 Jun 2021 09:16 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Sinyal 4G Kembang Kempis di Raja Ampat, Radio SSB Jadi Andalan

Hari Suroto
detikTravel
Wajah Orang-orang Pegunungan Arfak
Foto: Radio SSB di Papua Barat (Masaul/detikTravel)
Waisai -

Tidak semua wilayah Raja Ampat di Papua Barat terjangkau sinyal 4G dan internet. Karena sinyal masih kembang kempis, radio SSB masih tetap jadi andalan warga.

Untuk beberapa kampung, pulau kecil, atau spot wisata di Raja Ampat masih mengandalkan sinyal 2G, yang hanya bisa sms dan telepon saja, tapi tidak bisa untuk mengakses internet.

Bahkan masih ada beberapa wilayah di Raja Ampat yang tidak terjangkau jaringan telepon sama sekali. Jangankan untuk mengakses internet, untuk sms dan telepon saja tidak bisa.

Jaringan 4G di Raja Ampat, sinyal kuat hanya dapat dijumpai di Waisai, ibukota Kabupaten Raja Ampat, dan pulau-pulau terdekat dengan Waisai atau Kota Sorong yang memiliki tower BTS Telkomsel.

Untuk beberapa tempat tertentu, warga tidak jarang untuk mendapatkan sinyal telepon, harus naik ke tempat yang tinggi, naik bukit atau naik pohon. Sinyal juga dapat dijumpai di beberapa titik di dermaga kampung yang menjorok ke laut.

Untuk wilayah di Raja Ampat yang tidak terjangkau jaringan telpon 2G, warga dalam berkomunikasi sangat mengandalkan radio SSB (Single Side Band). Tower SSB ini hanya terdapat di kantor distrik (kecamatan), kantor koramil atau kantor polsek.

Petugas distrik menggunakan radio SSB untuk berkomunikasi dengan pihak terkait di Waisai atau Sorong, atau berkomunikasi menggunakan radio SSB dengan nahkoda kapal atau operator kapal penumpang di Pelabuhan Sorong atau Pelabuhan Waisai untuk mengetahui jadwal dan rute kapal penumpang.

Radio SSB ini merupakan sistem komunikasi dengan gelombang radio berfrekuensi VHF-AM untuk sipil dan VHF-FM untuk TNI-Polri.

Melalui komunikasi dengan radio SSB, operator kapal penumpang dari Pelabuhan Sorong mengabarkan jadwal kedatangan dan keberangkatan kapal di beberapa dermaga distrik.

Beberapa resort, homestay atau spot wisata di Raja Ampat yang tidak ada jaringan 4G dan internet, justru disukai oleh sebagian wisatawan yang ingin sepenuhnya liburan dan menikmati alam terbebas dari hiruk pikuk media sosial.

---
Artikel ini dibuat oleh Hari Suroto dari Balai Arkeologi Papua dan diubah seperlunya oleh redaksi.



Simak Video "Pemerintah Targetkan Sinyal 4G di 12.548 Desa Rampung Tahun 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA