Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 16 Jun 2021 16:30 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Petik Sendiri, Wisata Ini Tawarkan Makan Jeruk Sepuasnya

Wisata petik jeruk di Kebun Jeruk Ladur Ciamis
Wisata petik jeruk di Ciamis (Dadang Hermansyah/detikcom)
Ciamis -

Wisata petik buah sendiri selalu menggiurkan. Di Ciamis ada wisata petik jeruk di yang murah meriah.

Perkebunan Ladur, Cisinduk, Desa Janggala, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, kembali buka karena musimnya berbuah di bulan Juni ini. Di tempat ini pengunjung hanya cukup membayar tiket masuk Rp 5 ribu saja bisa makan jeruk sepuasnya di kebun.

Sejak dibuka pada awal Juni kemarin, wisatawan mulai membludak karena tidak ingin kehabisan untuk menikmati jeruk jenis Siam yang rasanya manis segar. Tercatat lebih dari 3.000 wisatawan datang dan menghabiskan 8 ton jeruk. Saat ini masih ada sekitar belasan ton lagi.

Wisata petik jeruk ini hanya ada satu-satunya di Ciamis. Berbeda dengan tahun sebelumnya kali ini pemiliknya tidak menjualnya ke pasar dan lebih mengutamakan untuk wisata. Di Kebun Jeruk Ladur ini terdapat sekitar 1.300 pohon di lahan seluas 400 meter persegi.

Wisata petik jeruk di Kebun Jeruk Ladur CiamisWisata petik jeruk di Kebun Jeruk Ladur Ciamis Foto: (Dadang Hermansyah/detikcom)

Di kebun Ladur ini, pengunjung bisa menyicip jeruk sepuasnya. Kecuali kalau mau dibawa pulang untuk oleh-oleh, memetik sendiri tapi pulangnya harus ditimbang terlebih dulu, harganya Rp 15 ribu per kilogram.

Tapi sensasinya bisa memetik langsung dari pohonnya dan bisa memilih rasa yang diinginkan, ada manis, manis segar dan macam rasa lainnya. Saat masuk pengunjung diberi kresek atau wadah dan gunting untuk mengambilnya.

"Bisa petik sendiri nyicip sepuasnya alhamdulillah. Dibuka sudah hampir 4 Minggu. Langsung makan di kebun. Kalau mau bawa pulang harganya sekilo Rp 15 ribu," ungkap pemilik kebun jeruk Soleh Ladur.

Bagi yang mau ke lokasi, pengunjung harus menggunakan kendaraan pribadi, baik mobil maupun motor. Dari persimpangan Cimaragas-Cidolog jaraknya sekitar 20 menit. Sedangkan bila berangkat dari perkotaan Ciamis jaraknya sekitar 45 menit perjalanan.

Pengunjung berasal dari berbagai daerah, baik lokal Ciamis, Banjar, Tasikmalaya hingga Bandung. Jeruk Ladur ini memiliki keistimewaan rasa manis segarnya karena di tanam di lokasi dekat area persawahan dengan kondisi suhu yang cocok untuk jeruk.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Cemburu Buta, Pria di Pangandaran Aniaya Kawan Baru Hingga Tewas"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA