Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 16 Jun 2021 17:40 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

'Tumpang Tindih', Pameran Lukisan Donni Afrianto Hadir Kembali

Wisma Putra
detikTravel
Pameran lukisan Tumpang Tindih karya Donni Afrianto
Lukisan karya Donni Afrianto (Wisma Putera/detikcom)
Bandung -

Seniman Donni Afrianto kembali menggelar pameran lukisan. Di dalamnya ada segudang pemikiran yang ditumpahkan dalam karyanya.

Ada 15 lukisan karya pelukis asal Kota Bandung Donni Afrianto dipajang di Galeri Dago Orbital, Jalan Rancakendal Luhur No 07, Kota Bandung.

Pameran tunggal milik Donni Afrianto ini digelar dari Tanggal 15 Juni hingga 15 Juli mendatang ini memilki Judul 'Tumpang Tindih'.

"Judulnya tumpang tindih," kata Donni kepada detikTravel, Rabu (16/6/2021).

Donni mengungkapkan, pameran ini menggambarkan penuangan berbagai ekspresi personal dirinya selama vakum di dunia seni rupa.

"Jadi lihat perilaku saya di karya benar-benar random. Ngomongnya macam-macam, tapi benar-benar seperti kehidupan saya. Misal karya satu, klasik problem itu nyeritain benar-benar urusan rumah tangga. Tapi di karya yang lain, seperti sosial media vitamin membahas sosial media, itu mah keseharian saya liatin Instagram," ungkapnya.

Pameran lukisan Tumpang Tindih karya Donni AfriantoPameran lukisan Tumpang Tindih karya Donni Afrianto Foto: (Wisma Putera/detikcom)

Karya ini benar-benar dibuat, tanpa ada metafora lain. Donni kembali menegaskan, pameran ini merupakan gambaran dirinya sehari-hari.

"Magic power, itu masalah sex, memang enggak ada metafor lain di karya saya, benar-benar jujur pisan," ujarnya.

Lukisan yang dibuat oleh Donni ini dilakukan selama satu tahun. "Dari tahun 2020-2021 semuanya 15 karya," katanya.

Masuk kuliah tahun 2004 dan lulus kuliah tahun 2009, Donni vakum di dunia seni rupa terakhir tahun 2011 lalu, Donni kembali aktif lagi melukis tahun 2019 atau sejak ada pandemi COVID-19.

"2011 memang kondisinya, saya pikir kayanya saya enggak bisa dapat duit dari seni rupa, makannya benar-benar cabut saja, cabut tuh benar-benar cabut, saya tidak bersinggungan dengan teman-teman seni rupa, bahkan teman angkatan, kaya mutusin silaturahmi," ujarnya.

Pameran lukisan Tumpang Tindih karya Donni AfriantoPameran lukisan Tumpang Tindih karya Donni Afrianto Foto: (Wisma Putera/detikcom)

Sejak saat itu, Donni mulai fokus mencari uang untuk nafkah keluarga.

"Cari duit usaha bikin craft notes book sama kulit-kulitan, 2016 saya sama teman-teman buat tempat kopi di Gudang Selatan, itu pun masih memang masih vakum di dunia seni rupa. Tahun 2019 baru join lagi. Alhamdulillah amunisi sudah ada, saya sudah nabung buat beli material, beli cat, beli kanvas, nabung dulu. Bisa melukis lagi 2019, kerjaan alhamdulillah ada yang ngebantu juga. Alhamdulillah sampai sekarang," jelasnya.

Saat disinggung, apakah dalam lukisannya disinggung soal COVID-19, Donni menyebut tidak ada. Namun dengan ada COVID-19 ini ia bisa berkesenian lagi.

"COVID-19 enggak ada, tapi saya jadi punya waktu buat berkesenian," pungkasnya.

Pameran lukisan Tumpang Tindih karya Donni AfriantoPameran lukisan Tumpang Tindih karya Donni Afrianto Foto: (Wisma Putera/detikcom)


Simak Video "Kala Bobotoh Kepung Kantor Persib, Buntut Performa Buruk"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA