Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 17 Jun 2021 07:00 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Mitos Lonceng Pembawa Petaka di Bandung

bonauli
detikTravel
Warga Bandung berdatangan ke Pendopo
Pendopo Bandung (Erna Mardiana/detikcom)
Bandung -

Alam yang cantik membuat Bandung begitu populer sebagai tujuan wisata. Dijuluki Paris van Java, namun kota ini tak lepas dengan mitos-mitos yang bikin merinding. Termasuk, lonceng pembawa petaka ini.

Sejarah tak melulu soal perang ataupun kisah heroik raja-raja di masa lalu, tapi juga mitos yang dipercaya oleh penduduk lokal. Bandung memiliki seribu sejarah bangsa ini, juga soal mitosnya.

Akhir pekan lalu, detikTravel bergabung dengan Cerita Bandung untuk tur jalan kaki atau walk tour di Kota Kembang. Temanya, The Original Bandung. Peserta, diajak untuk melihat-lihat bangunan bersejarah di Bandung.

Salah satunya adalah Pendopo Bandung, di samping Alun-alun Kota. Sayang, saat berkunjung Pendopo sedang ada acara. Namun Mamat, pemandu dari Cerita Bandung, membuat suasana tidak ideal itu tetap menyenangkan dengan menuturkan kisah di balik Pendopo.

"Di dalam pendopo ada dua lonceng, katanya kalau lonceng ini berbunyi sendiri katanya bakal ada bahaya," ujar Mamat.

Sebuah penanda di bawah lonceng menuliskan bahwa situs tersebut dibangun oleh VOC. Kenyataannya, tak ada yang tahu pasti pembangunan lonceng petaka tersebut.

Kok lonceng petaka?

Begini kisahnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Kawah Putih dan Glamping Lakeside Bersiap untuk Uji Coba Pembukaan"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA