Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 17 Jun 2021 09:52 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Wisata Jogja Nggak Cuma Malioboro, Ada Hutan Pinus Juga

Putu Intan
detikTravel
Sejumlah wisatawan bermain di Hutan Pinus Pengger, Dlingo, Bantul, Yogyakarta, Sabtu (14/4/2018). Hutan pinus yang memberikan spot foto unik serta menikmati pemandangan dari atas bukit itu menjadi destinasi wisata alternatif bagi wisatawan dari Yogyakarta hingga luar daerah.
Hutan Pinus Pengger. Foto: Pradita Utama
Yogyakarta -

Yogyakarta dikenal sebagai surganya wisata. Selain kawasan Malioboro yang diburu wisatawan, hutan pinus dapat menjadi alternatif tempat yang bisa kamu kunjungi saat liburan ke Kota Gudeg.

Wisata hutan pinus Yogyakarta memang sedang ngetren beberapa tahun belakangan. Apalagi sejak pandemi COVID-19, banyak orang lebih memilih untuk liburan di alam.

Beberapa hutan pinus yang kerap didatangi wisatawan adalah Hutan Pinus Pengger, Hutan Pinus Mangunan, dan Hutan Pinus Becici. Simak yuk profilnya.

1. Hutan Pinus Pengger

Sejumlah wisatawan bermain di Hutan Pinus Pengger, Dlingo, Bantul, Yogyakarta, Sabtu (14/4/2018). Hutan pinus yang memberikan spot foto unik serta menikmati pemandangan dari atas bukit itu menjadi destinasi wisata alternatif bagi wisatawan dari Yogyakarta hingga luar daerah.Sejumlah wisatawan bermain di Hutan Pinus Pengger, Dlingo, Bantul, Yogyakarta, Sabtu (14/4/2018). Hutan pinus yang memberikan spot foto unik serta menikmati pemandangan dari atas bukit itu menjadi destinasi wisata alternatif bagi wisatawan dari Yogyakarta hingga luar daerah. Foto: Pradita Utama

Hutan Pinus Pengger terletak di Dusun Sendangsari, Dlingo, Bantul. Hutan ini dulunya merupakan hutan produksi yang kemudian fungsinya dialihkan menjadi tempat wisata sejak 2016.

Beberapa kegiatan seru yang dapat kamu lakukan di sini adalah bersantai di hammock sampai berburu foto instagramable. Jangan khawatir dengan fasilitasnya, sebab Hutan Pinus Pengger sudah dilengkapi dengan toilet, tempat ibadah, hingga warung makan.

2. Hutan Pinus Mangunan

Hutan Pinus Asri Mangunan BantulHutan Pinus Asri Mangunan Bantul. Foto: (Pradikta Kusuma/d'Traveler)

Hutan pinus yang satu ini dapat disebut yang paling hits di Yogyakarta. Betapa tidak, Hutan Pinus Mangunan pernah dikunjungi Presiden RI Joko Widodo bersama Presiden AS Barack Obama.

Hutan yang terletak di Desa Mangunan, Dlingo, Bantul itu begitu terkenal karena menghadirkan suasana yang sejuk. Hutan ini juga dilengkapi dengan spot-spot foto instagenic. Jadi cocok buat anak muda yang ingin mengabadikan momen liburan di tengah hutan pinus.

Nah, selain itu, Hutan Pinus Mangunan juga menawarkan wisata outbond. Di sana juga terdapat fasilitas penunjang seperti toilet dan mushola.

3. Hutan Pinus Becici

Kondisi Puncak Becici bulan Ramadhan 2019 yang cukup sepiKondisi Puncak Becici bulan Ramadhan 2019 yang cukup sepi. Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom

Masih di kawasan Dlingo, ada lagi nih hutan pinus lainnya. Namanya Hutan Pinus Becici.

Hutan seluas 4,5 hektar ini sangat cocok dikunjungi traveler yang datang bersama keluarga menggunakan kendaraan roda empat. Selain punya tempat parkir luas, di sana juga terdapat area camping keluarga.

Buat penyuka wisata adrenalin, Hutan Pinus Becici juga dapat menjadi alternatif wisata karena di sana terdapat fasilitas outbond. Nah kalau mau foto selfie juga bisa lho. Di sana disediakan beberapa spot cantik yang juga sering dijadikan latar prewedding.



Simak Video "Berwisata di Pinus Sari Pakai PeduliLindungi, Sinyal Jadi Kendala"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA