Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 04 Jul 2021 09:05 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Ada 'Gajah' Tapi di Tengah Laut

bonauli
detikTravel
Pantai Batu Gajah di Kota Pandan
Pantai Batu Gajah (Bonauli/detikcom)
Pandan -

Sebuah pantai di Tapanuli Tengah punya keunikan tersendiri. Kalau pasir pantai putih sudah biasa, di sini ada 'gajah' di tengah laut.

Namanya adalah Pantai Batu Gajah. Bukan gajah sungguhan, pantai ini punya batu besar yang menyerupai gajah.

Letaknya di Hajoran, Kota Pandan, Tapanuli Tengah, Sumatera Utara. Pantai ini bisa dibilang tersembunyi karena berada di belakang pemukiman warga.

Untuk bisa bisa ke sini, wisatawan harus treking sedikit ke atas bukit. Dari atas sana, terlihat hamparan pasir dan ombak yang memanjakan mata.

Pantai Batu Gajah di Kota PandanPantai Batu Gajah di Kota Pandan Foto: (Bonauli/detikcom)

Dari bibir pantai terlihat batu besar menyerupai gajah. Ada lubang besar di pinggir batu dan guratan panjang menyerupai belalai. Kalau dilihat-lihat kepala gajah seakan sedang menunduk untuk minum.

Pantai ini masih masuk dalam area teluk, sehingga pantainya tidak terlalu dalam. Namun jika ada gelombang tetap harus diwaspadai.

Bagian Batu Gajah masih masuk dalam kawasan subtidal atau pasang surut. Saat surut wisatawan bisa masuk ke sana. Kalau sedang pasang airnya bisa sampai sebahu orang dewasa.

Pantai Batu Gajah di Kota PandanPantai Batu Gajah di Kota Pandan Foto: (Bonauli/detikcom)

Selain batu gajah, pantai ini juga memiliki menara pandang untuk foto-foto. Biayanya Rp 3.000-5.000 tergantung tempat. Mau yang di atas bukit atau pinggir pantai, kamu yang tentukan.

Pantai Batu Gajah juga menjadi area piknik warga lokal. Sudah ada deretan gazebo yang disiapkan untuk wisatawan. Hanya ada dua tipe gazebo yaitu besar dan kecil. Kalau yang besar Rp 100 ribu, sementara yang kecil Rp 50 ribu. Gazebo bisa dipakai seharian.

Tak hanya berjemur, bermain ombak di sini sangat menyenangkan. Berenang di antara ombang menjadi salah satu kegiatan wisatawan. Paling seru dilakukan ramai-ramai sambil pegangan tangan. Hati-hati untuk tidak terlalu ke tengah dan terseret ombak, ya.

Pantai Batu Gajah di Kota PandanPantai Batu Gajah di Kota Pandan Foto: (Bonauli/detikcom)

Kamu yang tak mau basah-basahan, bisa berkeliling dengan kapal wisata. Harganya cukup murah Rp 10.000 saja per orang.

Pantai ini dibersihkan setiap pagi oleh warga sekitar. Oleh sebab itu buanglah sampah pada tempatnya. Waktu terbaik untuk menikmati pantai ini adalah pagi hari. Pasir putih, batu gajah dan deru ombaknya sudah menunggumu!



Simak Video "Indahnya Panorama Pantai Sebrotan, Hidden Gem di Pangandaran"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA