Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 05 Jul 2021 11:47 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Ini 12 Destinasi Wisata Populer di Belitung

Putu Intan
detikTravel
Wisata Belitung
Foto: dok. AntaVaya
Jakarta -

Belitung kian dikenal usai menjadi latar dalam film Laskar Pelangi. Selain punya pantai cantik, ada spot wisata lainnya yang tak kalah menarik.

Agen wisata AntaVaya merangkum destinasi wisata populer di Belitung dalam paket tur 3D Enjoy Belitung. Dalam paket itu, ada 12 destinasi yang dapat dikunjungi. Ini daftarnya.

1. Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi

Destinasi pertama adalah Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi. Replika sekolah yang dibuat untuk keperluan syuting ini hanya memiliki dua ruang kelas.

Kondisinya masih sama seperti yang digambarkan dalam film. Replika SD Muhammadiyah Gantong atau SD Laskar Pelangi ini berada di Kecamatan Gantong, Kabupaten Belitung Timur.

2. Museum Andrea Hirata

Wisata BelitungFoto: dok. AntaVaya

Museum Andrea Hirata terletak di Jalan Raya Laskar Pelangi No.7. Buat yang suka film Laskar Pelangi, pasti senang datang ke sini.

Di Museum Andrea Hirata kamu bisa melihat perjalanan novel Laskar Pelangi. Mulai dari foto halaman per halaman sampai diangkat menjadi film.

3. Kampoeng Ahok atau Kampoeng Fifi

Kampoeng Ahok menjadi terkenal karena merupakan asal dari Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok/BTP. Namun sejak Maret 2019, Kampoeng Ahok diubah namanya menjadi Kampoeng Fifi.

Di kampung ini pengunjung dapat melihat-lihat bagaimana rupa rumah adat asli Belitung. Miniatur tempat tinggal keluarga BTP ini memiliki eksterior dan interior yang terjaga keasliannya.

Lantai dan dindingnya terbuat dari kayu. Di dinding ada banyak foto yang dipajang. Uniknya, di dalamnya terdapat aneka makanan dan minuman khas Belitung yang bisa kamu cicipi, seperti kue kering, keripik, hingga kue basah.

4. Vihara Dewi Kwan Im atau Vihara Buddhayana

Selain wisata Laskar Pelangi, traveler juga dapat berkunjung ke Vihara Dewi Kwan Im atau Vihara Buddhayana. Tempat ibadah di Belitung ini berdiri anggun di atas bukit.

Pemandangan di sekitarnya begitu menawan dengan udara yang sejuk. Vihara yang usianya lebih dari 250 tahun ini merupakan vihara terbesar dan tertua di destinasi wisata Belitung.

Untuk menuju vihara ini, kamu harus naik 86 buah anak tangga. Jadi, pakailah sepatu yang nyaman ya saat ke sini.

Ada tiga tempat sembahyang di Vihara Dewi Kwan Im, yaitu Shimunyo, Sitiyamuni, dan Kon Im. Menariknya, di tempat tertinggi terdapat Patung Dewi Kwan Im setinggi 12 meter.

5. Pantai Burung Mandi

Pantai Burung Mandi adalah salah satu pantai unik di Belitung bernama Pantai Burung Mandi. Pantai ini memiliki pasir putih layaknya pantai cantik lainnya di Belitung.

Di sini juga terdapat banyak batu granit yang menjadi khas pantai di Belitung. Pantai Burung Mandi memiliki latar gunung, jadi buktikan saja sendiri keindahannya seperti apa.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Menikmati Kelezatan Udang dan Kepiting Hasil Buruan di Pantai Pulau Bayan Belitung"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA