Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 20 Agu 2021 22:01 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Kunjungi Pandeglang, Sandiaga Uno Dorong Produk Ekraf Mendunia

Rifat Alhamidi
detikTravel
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno melakukan kunjungan kerja ke Pandeglang, Banten. Di sana, dia melaunching program KataKreatif untuk mendorong produk para pelaku UMKM bisa mendunia dengan diekspor ke berbagai negara.
Foto: Rifat Alhamidi
Pandeglang -

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno melakukan kunjungan kerja ke Pandeglang, Banten. Di sana, dia meluncurkan program KataKreatif untuk mendorong produk para pelaku UMKM bisa mendunia dengan diekspor ke berbagai negara.

Sandiaga mengatakan, ekonomi kreatif bisa membuka lapangan pekerjaaan untuk masyarakat dan membangkitkan optimisme di tengah pandemi COVID-19. Meskipun memiliki tantangan, ia meyakini Pandeglang bisa memulai gerakan ini karena memang memiliki potensi memadai.

"Tadi saya lihat ada kerajinan bambu yang kualitasnya sudah mendunia dan sudah ekspor. Ada juga beras dari talas beneng, dan beberapa produk yang menjadi unggulan. Jadi saya yakin, ekonomi kreatif di Pandeglang ini akan terus berkembang," katanya saat memberikan keterangan kepada para awak media di Pandeglang, Banten, Jumat (20/8/2021).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno melakukan kunjungan kerja ke Pandeglang, Banten. Di sana, dia melaunching program KataKreatif untuk mendorong produk para pelaku UMKM bisa mendunia dengan diekspor ke berbagai negara. Menparekraf Sandiaga Uno melakukan kunjungan kerja ke Pandeglang. Foto: Rifat Alhamidi

Meski demikian, Sandiaga tak menampik upaya pengembangan produk ekraf di Pandeglang ini memiliki tiga tantangan besar. Mulai dari permasalahan minimnya sumber daya manusia (SDM), pemasaran produk hingga masalah permodalan.

Namun, dia memastikan sudah membahas permasalahan tersebut bersama lintas kementerian. Untuk permasalahan permodalan, Sandi bahkan sudah meminta Kementerian BUMN agar mencairkan KUR bagi para pelaku ekraf di Pandeglang.

"Saya membayangkan Pandeglang ini menghadapi isu tentang pengangguran. Padahal jaraknya tidak jauh dari Jakarta, tapi tingkat penganggurannya tinggi. Kuncinya menurut saya, pemberdayaan di sektor ekonomi kreatif. Karena banyak sekali lapangan kerja yang akan terbuka di sini kalau itu bisa dimaksimalkan," ungkapnya.

Setelah meluncurkan program ini di Pandeglang, Sandiaga mengungkapkan akan kembali melanjutkan ke 36 kabupaten kota yang lain di Indonesia. Targetnya, Sandi berharap bisa membuka lapangan pekerjaan bagi 30 sampai 35 persen di bidang ekonomi kreatif.

Klik berita selanjutnya

"Sampai sekarang kita sudah membuka 20 juta lapangan pekerjaan. Khusus untuk Pandeglang, kami harapkan bisa membuka 20 persen. Target ekspor kita sudah menembus USD 20 miliar, ini bisa kita tingkatkan terutama dari 2 sub sektor unggulan di sini yaitu kuliner dan kriya. Itu harapan kita, harus konkret, sehingga kabupaten kota tadi bisa meningkatkan ekonomi kreatifnya bagi UMKM setempat," tandasnya.

Sementara, Bupati Pandeglang Irna Narulita mengaku optimis atas program yang dicanangkan Kemenparekraf tersebut. Kata Irna, dengan adanya program ini ia meyakini industri ekonomi kreatif di Pandeglang akan lebih hidup dan bisa bersaing hingga ke mancanegara.

"Tentu manfaatnya banyak sekali buat masyarakat kami, dan ekonomi kreatif di Pandeglang akan lebih maju," pungkasnya.



Simak Video "Menparekraf Jawab Isu Larangan Konser hingga Akhir Desember 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA