Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 20 Agu 2021 18:47 WIB

TRAVEL NEWS

Mengenal Desa Nunuk Baru Majalengka yang Masuk 100 Besar ADWI 2021

Bima Bagaskara
detikTravel
Adwi 2021
Foto: Foto: Tangkapan layar YouTube Anugerah Desa Wisata
Majalengka -

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno telah mengumumkan 100 desa yang masuk dalam nominasi Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 pada Jumat (20/8). Salah satunya, Desa Nunuk Baru di Majalengka.

Desa Nunuk Baru berada di Kecamatan Majalengka, Jawa Barat. Desa itu mengalahkan ribuan desa lainnya di seluruh Indonesia yang ikut mendaftar.

Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Kabupaten Majalengka Iding Solehudin mengatakan, awalnya ada 14 desa di Majalengka yang ikut mendaftar melalui jejaring desa wisata.

"ADWI diikuti 34 provinsi di Indonesia dan tiap provinsi ada kurasi, jadi bukan kita yang memilih. Kita hanya memberikan informasi ke desa untuk mengisi jejaring desa wisata. Setelah diinformasikan ada 14 desa yang mendaftar di Majalengka ," kata Iding saat dikonfirmasi melalui telepon.

"Se-Indonesia itu terdaftar 1831 desa dan terkurasi menjadi 100 hari ini. Alhamdulillah Majalengka ada yang lolos yaitu Desa Nunuk Baru," dia menambahkan.

Desa Nunuk Baru memiliki potensi wisata yang berbeda dari desa lainnya di Majalengka. Selain potensi wisata alam, desa ini juga memiliki daya tarik adat dan budaya yang masih dipertahankan hingga saat ini.

"Desa Nunuk Baru ini memiliki potensi alam dan adat budaya yang masih terjaga. Jadi, di sini berbasis budaya," ujar Kabid Destinasi dan Industri Pariwisata Disparbud Majalengka Adhy Setya Putra.

Menurutnya di desa tersebut juga terdapat perajin kain tenun gadod yang diyakini merupakan satu-satunya di Jawa Barat.

"Nunuk memiliki potensi budaya yaitu tenun gadod yang di Jabar ini bisa dikatakan hanya di sini," kata dia.

Menurutnya ADWI 2021 menjadi perlombaan pertama yang diikuti Desa Nunuk Baru. Disparbud Majalengka optimistis Desa Nunuk Baru tembus 50 besar ADWI.

"Untuk Desa Nunuk Baru ini merupakan yang pertama kali ikut lomba seperti ini, karena desa wisatanya baru dan penggalian potensinya juga baru bergeliat. Kita terus berkomunikasi dengan pihak desa tentang kendala yang dihadapi, rencana Sabtu besok akan ke Nunuk untuk berdiskusi dengan mereka langkah apa yang akan dilakukan ke depan," kata dia.



Simak Video "Desa Wisata Dieng Kulon Masuk 50 Besar ADWI 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA