Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 24 Agu 2021 13:03 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Di Daerah Ini, Mobil Hanya Bisa Melaju Maksimal Sampai Gigi 2

Hari Suroto
detikTravel
Fakfak, Papua Barat dikenal sebagai kota pala, karena pala menjadi komoditas ekspor. Namun, belum banyak yang tahu bahwa Fakfak memiliki sistem transportasi unik.
Foto: Hari Suroto
Fakfak -

Fakfak, Papua Barat dikenal sebagai kota pala, karena pala menjadi komoditas ekspor. Namun, belum banyak yang tahu bahwa Fakfak memiliki sistem transportasi unik.

Topografi Fakfak didominasi oleh perbukitan dengan lereng yang terjal dengan kondisi kemiringan lebih dari 40%. Dengan kondisi ini, maka pemukiman banyak dijumpai di lereng-lereng bukit, sehingga ruas-ruas jalan di Fakfak lebih banyak tanjakan curam dan tanjakan landai.

Sehingga mobil pribadi serta angkutan kota (angkot) yang biasa disebut dengan taksi, harus beradaptasi dengan kondisi ini. Bahkan pemilik mobil harus parkir kendaraan di tanjakan atau pengemudi angkot harus tiba-tiba berhenti di tanjakan untuk menurunkan penumpang atau menaikkan penumpang.

Dapat dipastikan mobil di Fakfak tidak pernah menggunakan gigi 3 atau gigi 4. Pengemudi mobil di Fakfak terbiasa dengan gigi 1 dan gigi 2. Gigi 1 digunakan saat mobil melaju di tanjakan curam dan gigi 2 untuk tanjakan landai.

Mobil di Fakfak lebih banyak bertransmisi manual, pengemudi terbiasa menggunakan rem tangan sebagai pengganti kopling, khususnya ketika mobil berhenti, ketika mobil berjalan, rem tangan dilepaskan secara perlahan-lahan dengan diikuti melepaskan kopling. Sedangkan kaki yang lain menekan pedal gas untuk bergerak maju. Cara ini memang akan sulit dilakukan bagi para pengemudi pemula.

Kecepatan mobil di Fakfak umumnya sekitar 15 hingga 20 km/jam. Para pemilik mobil di Fakfak dengan kondisi jalan yang ada, mereka lebih sering mengganti kampas rem dan cairan rem. Selain itu mereka selalu menggunakan kampas rem asli bukan imitasi, agar kinerjanya tetap maksimal.

Selain kampas rem, mereka juga sering mengecek kondisi kampas kopling, jika tidak dilakukan maka performa kendaraan bisa menurun bahkan jika tidak diganti bisa memicu kerusakan mobil yang lebih parah.

Fakfak, Papua Barat dikenal sebagai kota pala, karena pala menjadi komoditas ekspor. Namun, belum banyak yang tahu bahwa Fakfak memiliki sistem transportasi unik.Jalanan di kota Fakfak, Papua Foto: Hari Suroto

Pengemudi mobil di Fakfak terbiasa dengan ruas jalan tanjakan, hal ini merupakan keahlian dan pengalaman tersendiri yang sangat jarang dijumpai di Papua, sehingga perusahaan multinasional yang beroperasi di Papua seperti Freeport Indonesia atau Tangguh LNG, saat menerima karyawan sopir, maka pengemudi dari Fakfak lebih mudah diterima oleh mereka.

----

Hari Suroto

Balai Arkeologi Papua



Simak Video "Tren Transaksi Tokopedia di Papua Meningkat di Kuartal II 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA