Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 29 Agu 2021 21:45 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Desa Wisata Kaligentong di Boyolali, Angkat Seni Budaya Jadi Potensi

Ragil Ajiyanto
detikTravel
Agro Eko Wisata Gentong Kencono di Desa Kaligentong, Kecamatan Gladagsari, Kabupaten Boyolali.
Foto: Ragil Ajiyanto

Karena adanya PPKM dan tempat wisata Gentong Kencono itu ditutup sementara. Begitu pula kegiatan rutin pertunjukan seni budaya di Gentong Kencono pun dihentikan sementara. Kapan akan dimulai lagi, masih menunggu aturan dari Pemerintah yang memperbolehkan wisata dibuka.

Agro Eko Wisata Desa Kaligentong, lanjut Darmono, saat ini masih terus dikembangkan. Di desa yang memiliki luas wilayah sekitar 350 hektar itu, kini juga mulai ada rintisan lokasi wisata baru untuk menunjang Agro Eko Wisata Gentong Kencono.

"Seperti taman mekarsari. Dulunya tempat sampah yang kumuh, sekarang jadi tempat wisata. Kemudian ada taman labirin juga lagi di kembangkan. Ada UMKM pengolahan makanan. Sarana prasarana dari pertanian untuk edukasi, itu ada tanaman singkong Indonesia, panili, anggur, buah nanas. Peternakan sapi perah. Potensi di Kaligentong cukup banyak," imbuh dia.

Desa Kaligentong, Kecamatan Gladagsari, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah ini berhasil memperoleh penghargaan dalam ajang Trisakti Tourism Award 2021 dari DPP PDI Perjuangan. Desa di kaki Gunung Merbabu ini sebagai juara harapan ketiga untuk kategori Desa Wisata Budaya.

Darmono menjelaskan, dalam ajang Trisakti Tourism Award 2021, Desa Kaligentong menonjolkan keberagaman. Bahwa di Desa Kaligentong terdapat 5 tempat ibadah dan semua penganutnya hidup rukun. Selain itu juga menonjolkan seni budaya yang ada di Desa Kaligentong yang saat ini eksis dan menjati potensi untuk menarik wisata.

"Kami dari Desa Kaligentong mengucapkan banyak terima kasih kepada DPP PDI Perjuangan yang telah mengadakan Trisakti Tourism Award 2021, yang mana kami dari Desa Kaligentong, mendapat juara harapan 3, untuk kategori Desa Wisata Budaya," ucap Darmono.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Remaja Marah-marah di Penyekatan Jalur Wisata Boyolali"
[Gambas:Video 20detik]

(ddn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA