Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 29 Agu 2021 20:40 WIB

TRAVEL NEWS

Kunjungi Desa Wisata Sarugo, Sandiaga Apresiasi Kerjasama Bangkitkan Wisata

Jeka Kampai
detikTravel
Sandiaga Uno di Desa Saribu Gonjong Sumbar
Foto: Sandiaga Uno (Jeka Kampai/detikcom)
Lima Puluh Kota -

Menparekraf Sandiaga Uno mengunjungi Desa Wisata Sarugo (Saribu Gonjong) di Kabupaten 50 Kota, Sumbar. Dia mengapresiasi kerja sama untuk bangkitkan wisata.

Sarugo menjadi satu dari 50 desa wisata di Indonesia yang akan memperebutkan gelar terbaik dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021. Dalam kesempatan tersebut, Sandi menyampaikan apresiasi kepada pengelola maupun masyarakat Desa Wisata Sarugo yang terpilih menjadi satu dari 50 desa wisata terbaik dalam ajang ADWI 2021.

ADWI, kata Sandi, merupakan bagian dari upaya menebarkan semangat kebangkitan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Dan, Desa berhasil unggul dibandingkan 70.000 desa wisata yang tersebar di seluruh Indonesia.

"Kerja keras dalam penciptaan desa wisata yang ditunjukkan masyarakat, menjadi bukti besarnya semangat dalam menyambut era pariwisata baru. Kerja nyata ini merupakan perwujudan dari kolaborasi dalam pemulihan sektor parekraf pasca pandemi COVID-19," katanya.

Besarnya optimisme atas kemajuan desa dibuktikannya lewat kisah Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB), Riki Saputra.

Pria yang akrab disapa Uda Richi itu katanya telah berpetualang hingga mengadu nasib di Jakarta. Beragam profesi pernah dilakoni. Usahanyapun sukses di perantauan. Namun hatinya terpanggil untuk kembali dan membangun kampung halaman tercinta.

Uda Richi pun kembali pulang dan membangun dan mengembangkan sektor parekraf di Desa Wisata Sarugo saat ini.

"Ini adalah cerita-cerita anak-anak muda yang bisa mengambil peran untuk membangun desanya. Untuk itu saya ucapkan terima kasih," ungkap Sandiaga Uno.

"Ke depan, kita yakin Desa Sarugo ini akan menjadi desa wisata unggulan dan kita mudah-mudahan nanti infrastrukturnya diperbaiki, saya nanti akan mengadvokasi, dan juga sinyalnya nih, nggak ada yang bisa posting, jaringannya harus ditingkatkan," ujarnya.

"Ini adalah bentuk daripada adaptasi, inovasi dan kolaborasi untuk membuka lapangan kerja seluas-luasnya," tegasnya bersemangat.

Pernyataan Sandiaga Uno disambut baik Bupati Lima Puluh Kota, Safaruddin. Ia berterima kasih atas dukungan dan perhatian Kemenparekraf dalam pengembangan desa wisata di Kabupaten Lima Puluh Kota.

"Kami atas nama pemerintah daerah pada hari ini merasa bangga dan bersyukur atas ditetapkannya Kampung Sarugo sebagai desa wisata di antara 50 desa wisata terbaik di Indonesia. Insya Allah apa yang Pak Menteri sampaikan hari ini akan bisa menjadi harapan bagi kita bersama-sama, sehingga para wisatawan lokal dan internasional yang datang hendaknya bisa menikmati alam yang asri, namun dengan kualitas dunia," kata Syafaruddin.



Simak Video "Menparekraf Sandiaga Uno Temui Menlu Singapura, Bahas Apa?"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA