Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 30 Agu 2021 10:13 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Mepet Candi Borobudur, Ini Desa Wisata Kreatif Magelang

Eko Susanto
detikTravel
Desa Wisata Wanurejo
Desa Wisata Wanurejo (Eko Susanto/detikcom)

Atas terpilihnya sebagai juara pertama Kategori Desa Wisata Kreatif dalam ajang Trisakti Tourism Award dari DPP PDI Perjuangan, kata Edi, merupakan suatu kebanggaan dan sangat sekali. Apa yang telah dilakukan secara bersama-sama dan kerja kerasnya bisa membuahkan hasil.

"Suatu kebanggaan dan sangat senang sekali. Ya memang itu karena kita sudah kerja keras," kata dia.

Sementara itu, Ketua Desa Wisata Wanurejo, Bendrat Agus Sulistya menambahkan, dalam lomba tersebut mengirimkan profil desa, potensi yang dimiliki dengan data-data lengkap. Kemudian potensi kunjungan wisatawan baik kriya, budaya dan seni.

"Kami sampaikan data-data lengkap. Video, profil desa, potensi yang ada, potensi desa destinasi yang dikunjungi. Desa Wanurejo ini memang Desa Wisata budaya, seni dan kriya," kata Bendrat.

Bendrat menambahkan, untuk potensi destinasi wisata baik budaya, kriya, seni, alam maupun buatan. Kemudian dalam lomba tersebut yang didorong untuk potensi kreatif yang ada.

Desa Wisata WanurejoDesa Wisata Wanurejo Foto: (Eko Susanto/detikcom)

"Untuk potensi yang ada di kami di samping budaya ada kriya, ada wisata alam, ada buatan. Tapi yang kita push di lomba kemarin potensi yang kreatifnya. Setiap dusun memiliki potensi," ujar dia.

Bendrat menambahkan, untuk paket wisata yang dimiliki antara lain paket tur tilik desa baik dengan onthel, andong maupun mobil VW. Kemudian, selain ini ada paket live in.

"Paket tur tilik desa baik dengan ontel, andong atau VW. Kedua paket live in," ujar Bendrat.

Terpisah, Pimpinan Avadana Art Studio, Ganang Tri Laksana mengatakan, sebelum pandemi wisatawan banyak yang berkunjung dalam paket wisata edukasi seni dan budaya. Mereka yang datang baik wisatawan nusantara maupun mancanegara.

"Paket wisata edukasi seni dan budaya. Alhamdulillah (sebelum pandemi), cukup sering baik wisnus maupun wisman. Wisnus lebih banyak karena datang rombongan," ujarnya.

Keberadaan Avadana Art Studio, kata dia, juga mendukung keberadaan Desa Wisata Wanurejo. Hal ini menambah sebagai karakteristik Desa Wanurejo sebagai Desa Wisata Budaya dan Seni.

"Menurut saya sendiri iya (mendukung) karena kita saling membutuhkan satu sama lain. Wanurejo sendiri ingin mengkarakteristikan sebagai Desa Wisata Seni dan Budaya. Nah kita sebagai salah satu potensi untuk mendukung karakteristik tersebut," kata dia.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(bnl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA