Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 13 Sep 2021 13:02 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Sandiaga Minta Netizen Beri Nama Tempat Wisata Riau yang Mirip Raja Ampat

Sandiaga Uno di Puncak Kompe, Riau yang disebut-sebut sebagai Raja Ampat-nya Riau
Pemandangan dari Puncak Kompe, Koto Mesjid, Kampar, Riau Foto: Kemenparekraf
Kampar, Riau -

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mendorong peningkatan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Salah satunya yakni dengan memperkenalkan obyek wisata Puncak Kompe, di Koto Mesjid, Kabupaten Kampar, Riau.

Objek wisata pemandangan danau buatan berpulau-pulau di sekitar kawasan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Koto Panjang Kabupaten Kampar, Provinsi Riau ini belum ada nama baku. Rencananya akan diberi nama Raja Ampat Setengah, namun dirasakan kurang pas karena terlalu mirip yang aslinya di Papua Barat.

"Puncak Kompe sebagai icon pariwisata di Kabupaten Kampar. Katanya mau dibuat namanya Raja Ampat Setengah. Tapi rasanya kurang pas jadi kita cari yang lebih bagus. kita akan terus tingkatkan pariwisata dan ekonomi kreatif di tempat ini. Apalagi ini tanah kelahiran saya," ujar Sandiaga Uno, di Puncak Kompe, Minggu (12/9/2021).

Sandiaga Uno di Puncak Kompe, Riau yang disebut-sebut sebagai Raja Ampat-nya RiauSandiaga Uno di Puncak Kompe, Riau yang disebut-sebut sebagai Raja Ampat-nya Riau Foto: Kemenparekraf

"Kalau melihat ini spot-nya ini luar biasa, mirip sekali dengan apa yang ada di Papua yakni Raja Ampat. Tapi ini perlu nama, tolong netizen seluruh dunia di mana pun kalian berada berikan upaya terbaik pemberian nama di spot ini," kata Menparekraf Sandiaga Uno mengutip Antara.

Wisata buatan ini dibangun pada tahun 1991 dan dimanfaatkan untuk PLTA. Namun kini danau tersebut dijadikan sebagai tempat wisata, karena memiliki pemandangan alam yang sangat cantik. Sehingga sering disebut 'Raja Lima' dari Riau. Danau buatan tersebut dapat dilihat dari Puncak Kompe, salah satu spot instagramable di desa ini.

Kunjungan Sandiaga di Riau, September 2021Kunjungan Sandiaga di Riau, September 2021 Foto: Kemenparekraf

"Saya berharap di masa pandemi COVID-19 ini akan semakin membuka peluang kita, untuk mencintai destinasi-destinasi wisata khususnya di Riau dengan hashtag KeRiauAja, tidak perlu ke luar negeri, karena jika kangen ke Raja Ampat ada di sini," katanya.

Sebelumnya Ketua Forum Peduli Pariwisata PLTA Koto Panjang dalam paparannya menyampaikan kelompok sadar wisata membuat beberapa destinasi di antaranya Puncak Kompei yang akan dijadikan ikon Koto Mesjid dengan pemandangan jajaran pulau yang indah.

"Dulu sepakat sebut itu Raja Lima, lalu ada lagi Raja 13 karena terletak di Kecamatan XIII Koto Kampar. Kemudian ada Danau Seribu Pulau, jadi kami minta Mas Menteri memberikan apa namanya sehingga jadi satu nama untuk promosi," ujarnya.

Selanjutnya, kunjungan Sandiaga di Riau

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Menikmati Keindahan Laut dalam Perjalanan Menuju Batam, Riau"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA