Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Minggu, 26 Sep 2021 12:15 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Gunung Argopuro, Si Cantik yang Mistis

Chuk Shatu W
detikTravel
Gunung Argopuro
Foto: (Chuk Shatu W/detikcom)

Setelah bermalam di Cikasur, perjalan dilanjutkan pagi harinya ke pos berikutnya, Cisentor. Tentu saja setelah lebih dulu menikmati keindahan sabana. Untuk menuju Cisentor, tak begitu jauh. Hanya sekitar 3 jam perjalanan. Medannya pun tak begitu banyak tanjakan. Meski tetap berupa jalan setapak.

Cisentor merupakan persimpangan bertemunya jalur timur (Baderan) dan jalur barat (Bremi). Tempat ini juga tak jauh dari sungai berair jernih. Sehingga dapat dijadikan tempat menambah stok air.

Etape selanjutnya, yakni menuju Puncak Rengganis. Puncak ini menyajikan panorama indah, eksotis, dan mistis. Sebab, di puncak ini terdapat batuan bekas reruntuhan keraton. Konon, tempat ini merupakan bekas keraton peninggalan Dewi Rengganis.

Gunung ArgopuroGunung Argopuro Foto: (Chuk Shatu W/detikcom)

Salah seorang pegiat alam bebas senior asal Jember, Nur Hidayat, mengaku bahwa pendakian ke Argopuro memang memiliki kepuasan tersendiri. Yakni terdapat perpaduan antar wisata petualangan, konservasi lingkungan, serta edukasi.

"Banyak sekali yang kita dapatkan dari sini. Selain eksotisme, petualangan, serta edukasi. Pun ada nuansa mistis dan magis," akunya, saat berbincang dengan detikcom, Minggu (26/9/2021).

Untuk masuk kawasan ini memang harus menggunakan Simaksi (surat ijin masuk kawasan konservasi). Karena Suaka Margasarwa (SM) Dataran Tinggi Iyang masuk dalam pengelolaan Bidang KSDA Wilayah III Jember.

Bagaimana, Anda berminat berwisata petualangan dan mistis ?

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Savana Bekol, Sensasi Seru dan Menegangkan Safari Satwa Malam Hari, Situbondo"
[Gambas:Video 20detik]

(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA