Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 02 Okt 2021 17:01 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Pantai Karapyak Pangandaran yang Unik, Airnya Bisa Berubah Warna

Faizal Amiruddin
detikTravel
Pangandaran -

Pemerintah Kabupaten Pangandaran memberlakukan buka tutup akses menuju Pantai Barat setiap Minggu pagi atau ketika jumlah wisatawan dianggap sudah padat.

Jika traveler kebetulan dihadapkan pada situasi ini saat berwisata ke Pangandaran, tak usah khawatir. Masih banyak destinasi wisata menarik yang bisa disinggahi selain kawasan Pantai Barat Pangandaran.

Salah satunya adalah destinasi Pantai Karapyak di Kecamatan Kalipucang, Pangandaran. Pantai indah ini terletak sebelum kita sampai di Pangandaran.

Untuk menuju pantai Karapyak, di pertigaan Desa Emplak Kecamatan Kalipucang kita belok kiri dengan jarak sekitar 3 kilometer.

Pantai Karapyak menawarkan pesona keindahan tanah pesisir yang eksotis. Pasir pantai yang berwarna putih memberikan suasana pantai yang menawan.

Hamparan karang di pantai juga membuat pantai Karapyak memiliki keunikan tersendiri. Di balik genangan air di hamparan karang kerap dijumpai binatang-binatang laut seperti kelomang, kerang, ikan kecil dan lainnya.

Pantai Karapyak PangandaranPantai Karapyak Pangandaran (Foto: Faizal Amiruddin/detikcom)

Wisatawan anak-anak bahkan orang dewasa acap kali menghabiskan waktu lama untuk menyusuri hamparan karang berburu kelomang atau sekedar melihat ikan-ikan kecil.

Keunikan lain dari pantai Karapyak ini adalah gradasi warna air laut yang sering terjadi di waktu-waktu tertentu. Air permukaan laut terlihat memiliki warna yang berbeda, antara biru dan coklat, dari kejauhan gradasi warna ini membuat laut seperti memiliki corak belang-belang.

"Perbedaan warna itu mungkin disebabkan oleh posisi Pantai Karapyak yang dekat dengan muara Sungai Citanduy. Jadi air sungai dan air laut bercampur," kata Ganda (34) salah seorang warga sekitar pantai Karapyak, Sabtu (2/10/2021).

Pantai Karapyak PangandaranPantai Karapyak Pangandaran (Foto: Faizal Amiruddin/detikcom)

Ganda mengatakan perbedaan warna itu akan semakin kentara terlihat jika dilihat dari ketinggian. "Kalau dari atas bukit itu terlihat jelas, perbedaan warnanya indah sekali," kata Ganda.

Fasilitas pendukung di Pantai Karapyak pun cukup lengkap. Akomodasi penginapan sampai hotel representatif tersedia di kawasan pantai ini. Kafe dan warung tradisional bisa dengan mudah dijumpai, berjejer di sepanjang pantai.

Begitu pula dengan fasilitas rumah makan yang menawarkan ragam kuliner khas. Selain sajian masakan hasil laut, juga tersedia kuliner khas yaitu pindang gunung. Pindang gunung ini merupakan sop ikan, dengan kuah kuning rempah-rempah yang menjadi kuliner khas Kabupaten Pangandaran.

(msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA