Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 10 Okt 2021 16:20 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Kisah Tugu Mac Arthur di Papua, Es Krim dan Boleh Tidak Bule ke Sini?

Hari Suroto
detikTravel
Monumen Jenderal Mac Arthur di Ifar Gunung, Sentani. Jenderal Mac Arthur merupakan pimpinan pasukan AS saat perang dunia kedua melawan Jepang.
Tugu Mac Arthur di Ifar Gunung, Sentani. (Dok Badan Arkeologi Papua)
Jayapura -

Selama pagelaran PON XX Papua, Tugu Mac Arthur jadi destinasi favorit para atlet dan wisatawan. Mari simak kisah tugu ini, es krim dan boleh tidak bule ke sini?

Situs Monumen Tugu Mac Arthur ini berada di dalam kompleks Resimen Induk Kodam (Rindam) XVII/Cenderawasih, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura.

Sebenarnya situs ini dikelola oleh Dinas Kebudayaan Provinsi Papua. Namun karena berada dalam kompleks militer, maka setiap pengunjung yang akan ke situs ini wajib melapor ke pos jaga Rindam dengan mengisi buku tamu.

Situs Tugu Mac Arthur menjadi destinasi favorit atlet, ofisial maupun tamu PON XX Papua. Situs ini sangat instagramable, berada diketinggian Ifar Gunung dengan view Danau Sentani dan Bandara Sentani.

Situs ini buka setiap hari, mulai pukul 08.00 pagi hingga 16.00 sore. Untuk masuk ke situs ini gratis, hanya saja setiap sepeda motor dikenai biaya parkir sebesar sepuluh ribu rupiah dan mobil sebesar dua puluh ribu rupiah.

Tidak hanya wisatawan domestik, ternyata situs ini juga menjadi destinasi favorit turis bule. Di hari-hari biasa sebelum pandemi Covid-19, ada saja bule yang berkunjung ke situs ini.

Kebanyakan, bule-bule ini berasal dari Amerika Serikat, Australia, Belanda, dan Inggris. Bule-bule tersebut merupakan generasi kedua atau ketiga berasal dari negara-negara yang kakek atau orang tuanya pernah mengalahkan Jepang di Papua, dulu, saat Perang Pasifik (1944).

Aturan Berkunjung untuk Turis Bule

Untuk wisatawan bule ada aturan tersendiri, Situs Tugu Mac Arthur boleh dikunjungi oleh bule tetapi tidak di hari ada latihan menembak di Rindam.

Situs Tugu Mac Arthur merupakan monumen untuk mengenang Jenderal Mac Arthur, panglima tentara Amerika Serikat yang menjadikan Ifar Gunung, Sentani sebagai markas besar Komando Pasifik Barat Daya.

Selanjutnya -->> Jenderal Mac Arthur dan Es Krim

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "BMKG Bakal Sajikan Informasi Cuaca Terkini Selama PON XX Papua"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA