Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 14 Nov 2021 23:08 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Saat Rumah Belanda Depok Jadi 'Tempat Wisata'

bonauli
detikTravel
Rumah belanda di Depok
Mohammad Isa, pemilik rumah Belanda di Jalan Pemuda Depok (Bonauli/detikcom)
Depok -

Jalan Pemuda Depok punya hidden gem berupa bangunan peninggalan Belanda. Dari sekian banyak yang tertinggal, rumah ini jadi yang paling populer.

Kepopulerannya terlihat dari google maps. Cari saja rumah Belanda Depok, maka yang muncul adalah rumah ini. Alamatnya di Jalan Pemuda nomor 52 RT 2/RW 5, Depok.

"Rumah ini sudah dibangun sekitar tahun 70an," ujar Mohammad Isa, pemilik rumah kepada detikTravel.

Rumah Belanda Depok Jadi Tempat Syuting Film

Dulu rumah ini milik seorang tuan tanah Belanda. Namun dipindah tangan menjadi milik negara dan difungsikan sebagai rumah dinas. Ayah dari Bapak Isa dulunya bekerja sebagai kepala polisi Depok. Karena keunikannya, rumah Belanda ini kerap menjadi tempat syuting. Sudah banyak film-film Indonesia yang menggunakan rumah ini.

"Ya justru karena banyak yang syuting jadi agak retak-retak di bagian lantai," ucapnya.

Langit-langitnya tinggi sekitar 4 meter, tiang-tiang pondasi terlihat kokoh, kusen pintu dan jendelanya unik. Abu-abu dan putih menjadi ciri khas rumah ini.

"Kalau aslinya itu abu-abu tua. Tapi ini sudah dicat berulang kali untuk keperluan syuting," jelasnya.

Isa mengaku kalau perawatan rumah ini cukup besar. Apalagi dirinya tetap mempertahankan keaslian rumah tersebut. Saking seringnya jadi tempat syuting, rumahnya kerap didatangi oleh pencinta sejarah.

"Dari komunitas-komunitas pencinta sejarah pernah datang ke sini," katanya.

Tak hanya dari komunitas, Bapak Isa juga pernah didatangi langsung oleh wisatawan lokal. "Baru banget Sabtu kemarin, jadi ada pasangan bapak dan ibu yang datang ke sini. Mereka pikir ini rumah kosong," ceritanya.

Pasangan tersebut tanpa pikir panjang langsung masuk dan duduk di teras. Keluarga Isa yang tengah berada di dalam merasa mendengar suara dari teras.

"Istri saya keluar, ternyata ada orang yang datang. Mereka juga enggak tahu kalau ini rumah ada orangnya, jadi sama-sama kaget," tutupnya sambil tertawa.



Simak Video "Dirut PDAM Minta Maaf soal Jatuhnya Crane di Depok"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA