Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 01 Des 2021 13:35 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Nasi Jamblang Pelabuhan di Cirebon, Tersembunyi tapi Enak!

Nasi Jamblang Pelabuhan
Foto: Nasi Jamblang Pelabuhan Cirebon (Wahyu Setyo Widodo/detikTravel)
Cirebon -

Nasi jamblang adalah kuliner khas dari Cirebon. Salah satu tempat buat menikmatinya ada di Nasi Jamblang Pelabuhan yang tersembunyi tapi rasanya enak!

Ada banyak tempat untuk menikmati kuliner nasi jamblang di Cirebon. Salah satunya adalah Nasi Jamblang Pelabuhan Hj Sumarni yang beralamat di Jl Yos Sudarso No 1, Panjunan, Cirebon.

Sesuai dengan namanya, warung nasi jamblang ini berada tepat di samping pintu Pelabuhan Cirebon. Lokasinya cukup tersembunyi. Untuk masuk ke dalam warungnya saja, traveler harus melewati gapura batu bata berwarna merah.

Di balik gapura bata merah itu, Nasi Jamblang Pelabuhan berada. Begitu masuk, traveler akan disambut alunan musik keroncong yang didendangkan oleh musisi jalanan yang mangkal di warung tersebut.

Berbagai menu hidangan sudah tersedia di meja panjang warung. Sistem di sini prasmanan, traveler mengambil sendiri lauk mana yang dimau sesuai selera.

Nasi Jamblang PelabuhanNasi Jamblang Pelabuhan Foto: Wahyu Setyo Widodo/detikTravel

Traveler tinggal menghampiri pelayan, lalu meminta nasi jamblang di piring. Nanti lauk-lauknya traveler ambil sendiri, termasuk sambal merah yang jadi idola.

Ada banyak lauk yang tersedia. Mulai dari aneka pepes, semur daging, jeroan, tempe-tahu goreng, ayam goreng, telur, sate-satean, semuanya ada. Traveler jangan bingung memilih ya!

Nasi Jamblang PelabuhanNasi Jamblang Pelabuhan Foto: Wahyu Setyo Widodo/detikTravel

detikTravel mencoba nasi jamblang dengan lauk cumi hitam ditambah dengan pepes telur rajungan dan sate udang. Setelah selesai memilih menu, silakan bayar di meja kasir.

Per porsinya nasi jamblang ini sekitar Rp 10.000 hingga 30.000-an, tergantung lauk apa yang dipilih. Soal rasa, jangan ditanya. Nikmat pastinya!

Nasi Jamblang PelabuhanNasi Jamblang Pelabuhan Foto: Wahyu Setyo Widodo/detikTravel

Perpaduan rasa gurih, pedas dan asin begitu menyatu di dalam mulut. Ditambah dengan segelas es teh manis, lengkap sudah menu makan detikTravel siang itu. Mantap jiwa!

Nasi Jamblang Pelabuhan termasuk wisata kuliner legendaris di Cirebon. Tempat ini sudah ada sejak era tahun 90-an. Pelanggannya saat itu ini kebanyakan kuli-kuli panggul dan pekerja pelabuhan.

Cukup dengan Rp 5.000, para pekerja pelabuhan sudah bisa menikmati nasi jamblang nikmat. Lambat laun, wisatawan pun mulai datang dan ikut menikmati nasi jamblang itu sampai sekarang.

Nasi Jamblang Pelabuhan buka setiap hari, dari mulai pukul 06.00 pagi hingga 15.00 WIB. Namun terkadang warung bisa tutup lebih cepat karena masakannya sudah habis.



Simak Video "Nasi Jamblang, Kuliner Tradisional Khas Cirebon Dengan Sajian Lauk yang Melimpah, Cirebon"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA