Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 09 Des 2021 09:48 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Mau Wisata ke Hutan Menyala Bandung? Ini Harga Tiketnya

Hutan Menyala di Taman Hutan Raya Djuanda, Bandung
Foto: Courtesy Sembilan Matahari dan Tahura Djuanda
Bandung -

Hutan Menyala Bandung yang terletak di Taman Hutan Raya Juanda masih jadi buah bibir di kalangan traveler. Berikut harga tiketnya.

Diresmikan sejak awal bulan Oktober lalu oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Hutan Menyala di Taman Hutan Raya (Tahura) Juanda kerap didatangi wisatawan di Kota Kembang.

Dihimpun detikTravel, Kamis (8/12/2021), Hutan Menyala ini sejatinya merupakan karya para kreator digital Bandung, Kang Adi Panuntun serta tim Sembilan Matahari. Hutan Menyala ingin mengajak pengunjung untuk mengkaji ulang hubungan antara manusia dan alam khususnya hutan.

"Dengan sentuhan teknologi serta cerita yang disampaikannya, Hutan Menyala menampilkan sebuah pertunjukan cahaya, komposisi suara, dan proyeksi digital dalam satu kesatuan ruang alami. Tujuannya tidak lain adalah untuk memperkokoh peran Tahura Djuanda sebagai area konservasi, edukasi, dan rekreasi," ujar Adi.

Pengunjung melakukan swafoto saat peresmian Hutan Menyala di Taman Hutan Raya Juanda, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (8/10/2021). Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan Taman Hutan Menyala yang mengusung konsep wisata alam sambil menambah ilmu terkait peran hutan di tengah serta menggerakan kembali roda ekonomi di bidang pariwisata. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/aww.Pengunjung melakukan swafoto saat peresmian Hutan Menyala di Taman Hutan Raya Juanda, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (8/10/2021). Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan Taman Hutan Menyala yang mengusung konsep wisata alam sambil menambah ilmu terkait peran hutan di tengah serta menggerakan kembali roda ekonomi di bidang pariwisata (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/aww)

Selama ini, Sembilan Matahari dikenal melalui video mapping pada bangunan-bangunan bersejarah di Indonesia. Kini studio interdisipliner asal Bandung ini mengisyaratkan ke arah baru yang lebih sejalan dengan harapan terlibat aktif dalam pelestarian lingkungan hidup.

Dalam area Tahura Djuanda, Hutan Menyala mentransformasi berbagai area menjadi petualangan fantasi yang istimewa. Ia bercerita tentang Gunung Sunda, Pohon Beringin, beragam karakter seperti keluarga Rusa, Kera Ekor Panjang, pasukan kunang-kunang, serta Lebah Madu.

Proyek seni Hutan Menyala juga menampilkan permainan audiovisual yang metaforik dan memesona. Kepala Taman Hutan Raya Djuanda, Lian Lubis mengatakan perpaduan antara alam, seni dan teknologi bertujuan untuk mempelajari kembali sikap kita terhadap lingkungan sekitar.

"Peran penting Tahura Djuanda sebagai benteng ekosistem alami bagi kota Bandung maupun Jawa Barat. Peran ini menggarisbawahi ketergantungan kita terhadap Tahura Djuanda, sekaligus mengingatkan betapa pentingnya agar area konservasi ini tetap terjaga," pungkasnya.

Selain sarat makna dan futuristik, Hutan Menyala juga sangat Instagramable dan kekinian. Tak jarang muda-mudi yang melakukan swafoto atau mencari konten di destinasi ini.

Apabila ingin datang dan berwisata di Hutan Menyala, destinasi ini buka dari hari Rabu hingga Kamis untuk weekday dan Jumat - Minggu untuk weekend.

[Gambas:Instagram]




Harga tiketnya dibandrol Rp 50 ribu untuk weekdays dan Rp 100 ribu untuk weekend. Harga itu sudah termasuk biaya tiket masuk Tahura Juanda dan kontribusi untuk penanaman bibit pohon.

Apabila datang saat weekend, harga tiket itu sudah mencakup voucher makan senilai Rp 10 ribu. Lumayan kan? Jadi tunggu apa lagi!

Hutan Menyala Bandung buka dari pukul 18:00-22:00 dan tutup saat hari Senin dan Selasa.



Simak Video "Bakmi Tjokin, Bakmi Hits Bandung yang Tawarkan Yamin Asin-Manis"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA