Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 22 Des 2021 09:10 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Nest, 'Sarang Manusia' di Laut Gili Meno

bonauli
detikTravel
Potret Underwater di Gili Meno Lombok NTB
Nest di Gili Meno (Rachman_punyaFOTO)
Lombok Barat -

Gili Meno punya daya tarik tersendiri yang tentu berbeda dari Gili Trawangan dan Gili Air. Nest adalah salah satunya.

Pasir putih yang cantik dan air laut toska sebening kaca jadi puja-puji untuk tiga Pulau Gili di Lombok. Surga bawah lautnya juga tak mau kalah.

detikTravel bersama Toyota Corolla Cross Hybrid Road Trip Explore Mandalika menyambangi Gili Meno. Tempat selanjutnya yang diulik adalah Nest, surga bawah laut Gili Meno.

Nest adalah patung bawah laut karya Jason deCaires Taylor, pemahat terkenal Inggris. Karya Taylor sudah mendunia, dirinya menjadi kreator patung bawah laut pertama dunia.

Gili Meno mendapat kesempatan untuk mendapatkan karyanya yang indah. Nest merupakan kumpulan patung manusia yang berjumlah 48 buah.

Potret Underwater di Gili Meno Lombok NTBPotret Underwater Nest di Gili Meno Lombok NTB (Rachman/detikTravel)

Patung-patung ini diukir dengan tinggi manusia. Dibuat melingkar, patung ini seakan jadi 'sarang' manusia.

Ada alasan mengapa patung-patung ini diletakkan di bawah laut. Tak hanya mempercantik bawah laut, tapi juga untuk membantu pertumbuhan terumbu karang di perairan Gili.

Dalam keterangannya, Jason mengatakan bahwa 40 persen terumbu karang di dunia telah hilang sejak puluhan tahun lalu. Sehingga karyanya diharapkan mengembalikan keragaman biota laut dengan cara yang unik dan berbeda.

Nest berada tak jauh dari perairan Gili Meno. Traveler bisa naik boat atau langsung berenang saja dari pantai.

Potret Underwater di Gili Meno Lombok NTBPotret Underwater Nest di Gili Meno Lombok NTB Foto: Rachman_punyaFOTO

Traveler cuma butuh alat snorkeling dan melakukan free dive sampai kedalaman 7 meter. Selain melihat Nest, traveler juga bertemu dengan ikan-ikan karang yang warna-warni.

"Kalau mau melihat Nest tanpa basah, bisa menyewa glass bottom. Kapal ini memiliki kaca transparan di bagian bawah untuk melihat surga bawah laut," ucap Isnaeni, pemandu dari agen travel Lombok Damai Tour and Travel.

Kapal ini bisa disewa dengan harga Rp 1,5 juta untuk 10 orang. Wisatawan akan diajak berkeliling selama 3 jam dengan spot-spot bawah laut yang berbeda-beda.

Waktu terbaik untuk snorkeling adalah pagi hari. Jika agak siang, arusnya cukup kuat, bisa-bisa kamu terseret jauh saat sedang berenang.

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "Janji Sandiaga Uno Kawal Perbaikan Infrastruktur Gili Trameno"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA