Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 24 Des 2021 22:10 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Bukan Candi, Ini Situs Ratu Boko yang Lebih Tua dari Borobudur

Putu Intan
detikTravel
Ratu Boko
Ratu Boko. Foto: Putu Intan/detikcom
Sleman -

Yogyakarta memang kaya akan bangunan berserajah. Salah satunya Ratu Boko yang ternyata usianya lebih tua dari Candi Borobudur.

Bila liburan ke Yogyakarta, tak ada salahnya mampir ke daerah Sleman. Di sana berdiri sebuah situs berusia ratusan tahun yang menjadi saksi peradaban kuno di Indonesia.

Ratu Boko terletak sekitar tiga kilometer dari selatan Candi Prambanan. Orang-orang seringkali menyebutnya sebagai Candi Ratu Boko padahal kawasan ini bukanlah candi melainkan reruntuhan kerajaan.

Dikutip detikcom dari situs Borobudur Park, situs yang juga disebut sebagai Kraton Ratu Boko ini dipercaya sebagai istana dari Ratu Boko yang merupakan ayah dari Roro Jonggrang.

Ratu BokoRatu Boko. Foto: Putu Intan/detikcom

Namun berdasarkan sejarah, Ratu Boko dibangun pada abad ke-8 oleh Rakai Panangkaran yang menganut Buddha. Hal itu tercantum pada Prasasti Abhayagiriwiara.

"Dulu Rakai Panangkaran ingin menenangkan diri sehingga dia membangun ini (Ratu Boko)," kata pemandu wisata, Agus.

Tempat ini sempat berganti nama menjadi Kraton Walaing ketika Rakai Walaing pu Kumbhayoni memerintah pada tahun 865 Masehi.

Dulunya, di sana juga terdapat permukiman Jawa klasik yang gerbang masuknya masih berdiri sampai saat ini. Gerbang masuk itu kini menjadi spot foto andalan wisatawan bila datang ke Ratu Boko.

Ratu BokoRatu Boko. Foto: Putu Intan/detikcom

Selain gerbang, sebenarnya masih banyak peninggalan bersejarah di kawasan seluas 25 hektar itu. Peninggalan-peninggalan itu berupa pendopo, tempat tinggal, kolam pemandian, dan pagar pelindung. Itulah alasan Ratu Boko lebih cocok disebut sebagai situs daripada candi yang merupakan bangunan keagamaan.

Traveler yang penasaran dengan Ratu Boko, dapat langsung datang ke kawasan yang terletak di Jalan Raya Piyungan-Prambanan Nomor 2, Gatak, Bokoharjo, Prambanan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Situs Ratu Boko buka setiap hari mulai pukul 09.00-17.15 WIB. Untuk harga tiket masuknya adalah Rp 40 ribu (dewasa) dan Rp 20 ribu (anak-anak).



Simak Video "Mengamati Bangunan dan Arsitektur Keraton Ratu Boko Yogyakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA