Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 24 Des 2021 15:10 WIB

TRAVEL NEWS

Wisatawan Jakarta Paling Banyak Rental Mobil di Yogyakarta

Putu Intan
detikTravel
Yogyakarta masih PPKM Level 4, namun wisatawan telah memadati kawasan Malioboro. Begini potretnya.
Foto: PIUS ERLANGGA
Yogyakarta -

Yogyakarta mulai ramai dikunjungi wisatawan luar kota. Hal itu dapat terlihat dari banyaknya wisatawan asal Jakarta yang menyewa mobil.

Dua usaha rental mobil Kanigara Trans Yogyakarta dan Diody Transport mengungkapkan pelanggan mereka banyak yang berasal dari Jakarta. Untuk Kaniagara Trans Yogyakarta, mereka juga melayani antar jemput bandara dan banyak mengangkut wisatawan asal ibu kota.

"Kanigara kebanyakan dapat pesanan orang dari Jakarta dengan tujuan Kota Yogyakarta. Ada juga yang berwisata ke Candi Borobudur dan Prambanan," kata Head of Operational Kanigara Trans Yogyakarta, Agus Ardian.

"Kalau Diody, kebanyakan dari Jakarta, Bandung, Surabaya dan Malang. Tapi 70 persen itu dari Jakarta," kata Head of Operational Diody Trans, Dimas.

Adapun untuk rental mobil Diody Transport, banyak wisatawan yang minta diantarkan ke destinasi wisata kekinian. Ini tak terlepas dari pasarnya yang didominasi anak muda usia 20-35 tahun.

"Karena Jogja ada penambahan wisata baru, jadi ada beberapa kelompok yang ingin ke tempat wisata kekinian, ke tempat wisata yang belum pernah dan itu banyak banget. Tapi ada lagi kelompok yang sedikit konvensional seperti ke Candi Borobudur, Prambanan dan Keraton," tuturnya.

Kendati pemesanan rental mobil meningkat mulai akhir November-awal Desember, tren ini belum dapat dipastikan akan terulang untuk periode libur Natal dan Tahun Baru. Hal itu karena banyak wisatawan yang masih menunggu kebijakan pemerintah.

"Tren sekarang customer pesan bukan jauh-jauh hari tetapi dadakan. Tidak seperti pandemi yang bisa seminggu atau sebulan sebelumnya, sekarang lebih menunggu momen apakah masih ada PPKM atau tidak," kata Agus.

Meskipun begitu, keduanya tetap bersiap menyambut pesanan saat libur Nataru. Persiapan itu meliputi menyiapkan mobil hingga sopir yang sudah divaksin serta menaati protokol kesehatan.



Simak Video "Brebes Sambut Pemudik Nataru, Rumah Ditempel Stiker-Diswab Antigen"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA