Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 25 Des 2021 06:42 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

3 Hari Wisata di Yogyakarta Bisa ke Mana Saja?

Putu Intan
detikTravel
Desa Wisata Nglanggeran
Foto: (dok. Desa Wisata Nglanggeran, Jadesta)
Yogyakarta -

Yogyakarta masih menjadi magnet wisatawan untuk berlibur. Berbagai jenis wisata tersedia di sana, mulai dari alam, budaya, hingga kuliner.

Jika traveler berencana berkunjung ke Yogyakarta selama tiga hari, ada beberapa destinasi yang dapat dikunjungi. Destinasi ini juga cocok dikunjungi untuk traveler yang ingin menepi dari keramaian.

Berikut rekomendasi destinasi wisata untuk traveler yang berlibur selama tiga hari di Yogyakarta:

1. Desa Wisata Nglanggeran

Desa Wisata Nglanggeran, Daerah Istimewa Yogyakarta, terpilih sebagai Best Tourism Village 2021 dari Organisasi Pariwisata Dunia di bawah Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNWTO).Desa Wisata Nglanggeran, Daerah Istimewa Yogyakarta, terpilih sebagai Best Tourism Village 2021 dari Organisasi Pariwisata Dunia di bawah Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNWTO). Foto: Kemenparekraf

Destinasi pertama adalah Desa Wisata Nglanggeran di Kecamatan Patok, Kabupaten Gunung Kidul. Desa ini dinobatkan sebagai desa wisata terbaik oleh UNWTO. Keren kan?

Pesona utama desa ini adalah gunung api purba. Gunung di Desa Wisata Nglanggeran merupakan salah satu dari tiga gunung purba di Pulau Jawa.

Traveler dapat mendaki atau trekking di gunung purba ini. Dari gunung itu, traveler dapat menikmati sunrise dan sunset yang memukau.

Selain itu, di Desa Wisata Nglanggeran juga terdapat objek wisata lainnya seperti Embung Nglanggeran, Air Terjun Talang Purba, Air Terjun Kedung Kandang, serta Kampung Pitu. Bagi pecinta cokelat juga bisa mampir ke Griya Cokelat Nglanggeran.

2. Hutan Pinus Mangunan

Hutan Pinus MangunanHutan Pinus Mangunan. Foto: (Tasya Khairally/detikcom)

Butuh yang sejuk-sejuk? Datanglah ke Hutan Pinus Mangunan yang terletak di Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul.

Seperti namanya, traveler dapat menikmati pepohonan pinus yang rindang. Di sana juga disediakan fasilitas outbond serta gardu pandang untuk menikmati pemandangan.

Hutan Pinus Mangunan buka pukul 09.00-17.00 WIB. Harga tiket masuknya Rp 5.000 per orang.

3. Kampung Batik Giriloyo

Kampung batik GiriloyoKampung batik Giriloyo. Foto: (Ikhfan Yusuf Kurniawan/d'travelers)

Mau belajar membatik? Bisa lho datang ke Kampung Batik Giriloyo di Imogiri, Bantul.

Di sana, traveler akan diajari membatik langsung oleh para perajin. Karya yang dibuat adalah batik tulis.

Traveler yang ingin berbelanja batik tulis kualitas premium juga dapat membelinya di Galeri Batik Giriloyo. Batik di sini sangat khas karena motif kainnya berupa motif Mataraman. Motif ini dulunya digunakan bangsawan Keraton Mataram.

Selain itu, traveler juga bisa menginap di homestay. Traveler dapat menikmati indahnya persawahan dengan bersepeda dan mencicipi kuliner khas Kampung Batik Giriloyo.

4. Ratu Boko

Ratu BokoRatu Boko. Foto: Putu Intan/detikcom

Liburan ke Yogyakarta belum lengkap bila tak mengunjungi peninggalan sejarah. Bila biasanya traveler mampir ke Candi Borobudur, kini cobalah datang ke situs Ratu Boko di Sleman.

Ratu Boko terletak pada ketinggian 200 meter di atas permukaan laut sehingga dari sana traveler dapat menikmati pemandangan Yogyakarta. Dengan luas area 25 hektar, traveler juga dapat puas berjalan-jalan sambil menikmati bangunan bercorak Hindu-Buddha itu.

Aktivitas terbaik di Ratu Boko adalah menikmati sunset. Jangan lupa abadikan momen berdiri di tengah gerbang utama dengan latar matahari tenggelam.

Situs Ratu Boko buka setiap hari mulai pukul 09.00-17.15 WIB. Tiketnya dibanderol Rp 40 ribu untuk dewasa dan Rp 20 ribu untuk anak-anak.

5. Tebing Breksi

Desa Wisata Dewi Sambi atau Sambirejo menjadi salah satu desa wisata di wilayah Yogyakarta. Lokasinya di Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, DIY.Desa Wisata Dewi Sambi atau Sambirejo menjadi salah satu desa wisata di wilayah Yogyakarta. Lokasinya di Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, DIY. Foto: Jauh Hari Wawan S

Perjalananmu di Yogyakarta dapat ditutup dengan menikmati malam di Tebing Breksi yang terletak di Sleman. Tebing Breksi dulunya adalah bekas tambang yang dindingnya diberi ukiran seni.

Dari puncak tebing, traveler dapat melihat kerlap-kerlip pemandangan Yogyakarta. Tebing dengan ukiran wayang dan naga di sana juga diberi lampu yang akan menyala di malam hari.

Tebing Breksi buka mulai pukul 06.00-20.00 WIB. Tiket masuk per orang adalah Rp 10.000. Lalu parkir bervariasi, mulai Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil.



Simak Video "Candi Ratu Boko, Goa Pertapaan Tempat untuk Menyepi Para Raja, Sleman"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA