Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Sabtu, 25 Des 2021 20:31 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Kenalkan Ini Borobudur Peace Studio, Ruang Para Perupa

Eko Susanto
detikTravel
Borobudur Peace Studio Magelang
Borobudur Peace Studio Magelang (Foto: Eko Susanto/detikcom)
Magelang -

Tak jauh dari Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, terdapat Borobudur Peace Studio. Tempat ini diharap menjadi ruang perupa berkarya.

Untuk Borobudur Peace Studio ini lokasinya satu kompleks dengan Rumah Ketela di Jalan Badrawati, Dusun Ngaran II, Borobudur, Kecamatan Borobudur.

Pembukaan Borobudur Peace Studio ini bertepatan dengan perayaan Natal. Dalam pembukaan ini hadir sejumlah perupa seperti Bayu Wardhana, Sony Santosa, Deddy Paw, seniman Sutanto Mendut dan lain-lainnya.

"Sebenarnya bukan galeri, kita nggak muluk-muluk maka kita sebut studio. Kita punya studio, sebenarnya inisiasinya adalah mungkin perupa di sini ini banyak, tapi wadahnya kurang," kata Kuswidiantoro dari Village Peace yang juga panitia, Sabtu (25/12/2021).

Jadi itu yang menyebabkan sebenarnya perupa-perupa itu mungkin punya karya, tapi nggak punya kesempatan," imbuh dia.

Borobudur Peace Studio MagelangBorobudur Peace Studio Magelang (Foto: Eko Susanto/detikcom)

Pihaknya berharap keberadaan Borobudur Peace Studio nantinya menjadi tempat untuk perupa berkarya. Kemudian di lokasi ini, perupa maupun seniman bebas untuk berkarya.

"Ini sebenarnya ruang buat para perupa untuk berkarya, tidak harus yang sudah gede atau yang apapun, tapi semua boleh berkarya di sini. Kita harapan juga semoga tempat ini bisa jadi ruang untuk teman-teman perupa untuk berkarya," ujar Kuswidiantoro yang biasa disapa Kus, itu.

Alasan dipilihnya nama Borobudur Peace Studio, kata dia, berawal dari Village Peace yang berada di Ngaglik, Sleman. Kemudian disebut peace karena semua senang damai.

Borobudur Peace Studio MagelangBorobudur Peace Studio Magelang (Foto: Eko Susanto/detikcom)



"Kami berawal dari village peace, desa damai, kebetulan arahan Ibu Yenny Wahid. Kenapa kita sebut peace karena kita semua senang damai. Jadi kalau berkarya bisa dengan damai, berkarya bisa tidak harus gontok-gontokan atau apa itu mungkin jalan atau itunya lebih enak," tutur Kus.

"Betul (menginisiasi pembukaan saat Natal), tapi maksudnya kita nggak cari hari baik, nggak nyari apa. Ini spontan saja karena kita sudah siap semuanya. Mau di hari apapun, ya kita nggak masalah," katanya.

Saat disinggung jika Borobudur Peace Studio nantinya dikunjungi para turis, kata dia, lokasi tersebut eksotis dan paketnya lengkap. Nantinya jika menjadi kunjungan wisatawan juga oke.

"Ini wis paket lengkap, eksotis kalau menurutku. Aku nggak mengada-ada, cuman nggak tahu kenapa semesta juga mengamini. Tempat di sini dengan teman-teman yang baik-baik semua ini, semoga ke depannya lancar. Kalau pun akhirnya jadi destinasi para wisatawan, ya alhamdulillah. Itu istilahnya compliment," ujar dia.



Simak Video "Sandiaga Uno Harap Penataan Candi Borobudur Bisa Tarik 20 Juta Wisatawan"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA