Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 29 Des 2021 07:12 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

3 Wisata Takengon yang Sejuk, Apa Saja?

Tim detikcom
detikTravel
Danau Laut Air Tawar Aceh
Foto: Danau Laut Tawar di Takengon (zulfanariansyah/d'traveler)
Takengon -

Kota Takengon di Aceh Tengah terkenal dengan kesejukannya. Lalu apa saja tempat wisata di Takengon? Ini ada tiga pilihannya, simak ya!

Kota Takengon di Aceh Tengah menawarkan kesejukan udara pegunungan yang bisa dinikmati traveler di penghujung tahun 2021. Ada setidaknya 3 wisata Takengon yang bisa traveler coba. Apa saja? Simak di bawah ini:

1. Danau Laut Tawar

Keindahan alam kota Takengon ini tak lepas dari keindahan panorama Danau Laut Tawar. Danau Laut Tawar ini berada di sisi barat dari kota Takengon, tepatnya berada di dataran tinggi Gayo.

Danau ini merupakan danau terluas di Propinsi Nangroe Aceh Darussalam. Cobalah berkeliling mengitari danau, maka traveler akan disuguhi dengan panorama alam yang sangat memanjakan mata.

Setiap sudut dari danau ini memiliki keindahan yang luar biasa. Sangat recomended bagi mereka yang ingin melepaskan penat dan dari kebisingan kota.

Danau Laut Air Tawar TakengonDanau Laut Air Tawar Takengon Foto: (Tamasyeah/d'Traveler)

Sepanjang perjalanan selama berkeliling danau ini, kita akan menjumpai kebun kopi. Kopi tumbuh dengan subur dan sehat di sini. Kualitas kopinya juga sangat baik. Karena selain tanah di sepanjang danau ini subur, iklim dan suhunya sangat cocok untuk tanaman kopi.

Di sini juga banyak tersedia guest house dengan tarif berkisar antara Rp 200 - 500 ribu per malam. Sedikit tips jika pergi kesana usahakan membawa pakaian tebal atau jaket, karena suhu di sini dingin sekali apalagi waktu malam.

2. Arung Jeram Lukup Badak

Buat traveler yang hobi memacu adrenalin, wajib coba merasakan sensasi arung jeram Lukup Badak. Lokasinya berada di Kecamatan Pegasing, Kabupaten Aceh Tengah, cocok untuk menjadi destinasi arung jeram yang menguji adrenalin.

Wahana arung jeram Gayo Adventure ini dikelola oleh Koperasi Wisata Alam Gayo dan bekerja sama dengan Federasi Arung Jeram Indonesia - Aceh Tengah ini yang bisa dijangkau dengan jalan darat sekitar 15 menit dari Kota Takengon.

Di wisata arung jeram ini menawarkan beberapa paket, yaitu ekstrem, semi ekstrim dan rute Family, di mana tingkat kesulitan saat mengarungi sungai bisa dipilih sesuai kekuatan fisik dan umur para peminatnya dan tentunya jasa atau harga paketnya juga berbeda.

Kebanyakan peminat memilih rute Family yang bisa diikuti dari umur empat tahun dan seterusnya. Di rute ini kita bisa mengambil spot spot cantik di sekitar lokasi sungai yang diarungi tentunya bisa meminta pemandu untuk mengambil foto momennya.

3. Bukit Pantan Terong

Terakhir, ada Bukit Pantan Terong di Takengon, Aceh Tengah yang menawarkan pemandangan indah di pagi hari. Pemandangan hutan dan sunrise dari ketinggian begitu indah dipandang mata bak Negeri di Atas Awan.



Simak Video "Serunya Rafting Mengarungi Jeram yang Penuh Tantangan dan Rintangan, Subang"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA