Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 01 Jan 2022 18:41 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Tak Hanya Ada Kebun Raya Bogor, Kini Hadir Kebun Raya Cibinong

Luthfi Hafidz
detikTravel
Tak Hanya di Bogor,  Kebun Raya
Kini Hadir di  Cibinong
Kebun raya Cibinong (Luthfi hafidz/detikcom)
Jakarta -

Mungkin, Kebun Raya Bogor sudah biasa didatangi oleh wisatawan. Tapi traveler tahu kalau ada Kebun Raya Cibinong?

Kebun Raya Cibinong berada dalam kawasan LIPI yaitu di Jalan Raya Jakarta-Bogor Km 46, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Kebun ini merupakan peninggalan sejarah yang dikenal oleh warga Cibinong dengan sebutan LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia).

Wilayah yang sekarang menjadi Kebun Raya Cibinong merupakan pemberian atau hibah dari pemerintahan Jepang melalui JICA, saat itu pemerintahan Jepang memberikan dua dana hibah, hibah pertama dibangun Widya Satwa Loka sebagai Museum Zoologi, dana hibah tersebut diberikan kepada LIPI sebagai hak pakai sejak tahun 1968.

Tak Hanya di Bogor,  Kebun RayaKini Hadir di  Cibinong
Foto: (Luthfi hafidz/detikcom)

Kebun Raya Cibinong adalah salah satu dari enam kebun botani yang dikelola oleh LIPI (Kebun Raya Bogor, Kebun Raya Bedugul-Bali, Kebun Raya Cibodas, Kebun Raya Purwodadi, dan Puspiptek- Serpong).

Konsep Kebun Raya Cibinong berbeda dengan konsep Kebun Raya Bogor. Jika KRB berisi dengan tumbuh-tumbuhan ditata berdasarkan famili, di Kebun Raya Cibinong tumbuh-tumbuhan dikelompokkan berdasarkan pulau-pulau besar yang terletak di Indonesia. Untuk saat ini, pengelompokan terbagi menjadi Pulau Jawa, Bali, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Nusa Tenggara, dan Papua.

Tumbuhan yang berada di Kebun Raya Cibinong dikhususkan untuk tumbuhan tropis dengan flora yang hidup di dataran rendah maksimal 500 meter di atas permukaan laut.

Jumlah tumbuh-tumbuhan atau flora yang ada di Kebun Raya Cibinong sebanyak 1.147 spesimen, diantaranya 86 famili, 328 marga, dan 733 jenis.

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA