Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 03 Des 2021 12:25 WIB

TRAVEL NEWS

Sabet Best Tourism Village dari UNWTO, Ini 5 Fakta Menarik Desa Nglanggeran

Jadi Desa Mandiri Inspiratif, Sandiaga Minta Nglanggeran Segera Uji Coba Buka
Foto: (Pradito Rida Pertana/detikcom)
Jakarta -

Kabar bahagia datang dari Yogyakarta. Salah satu desa wisatanya, Desa Nglanggeran, mendapat penghargaan dari UNWTO

Desa Wisata Nglanggeran menjadi satu-satunya perwakilan dari Indonesia yang mendapat penghargaan sebagai Best Tourism Village 2021 dari Organisasi Pariwisata Dunia di bawah Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNWTO).

Dikumpulkan dari berbagai sumber, ini 5 fakta menarik Desa Wisata Nglanggeran.


1. Salah Satu Desa Wisata Terbaik ASEAN

Tak heran, jika Nglanggeran mendapat penghargaan sebagai salah satu Best Tourism Village 2021 dari UNWTO. Pada tahun 2017, Desa Wisata Nglanggeran juga menjadi salah satu Desa Wisata Terbaik ASEAN dengan konsep CBT (Community Best Tourism).

Tak hanya itu, sederet penghargaan pun pernah diraih desa Nglanggeran, di antaranya, juara II Desa Penerima PNPM Pariwisata Berprestasi Tingkat Nasional 2013, juara II Pokdarwis Berprestasi tingkat nasional dari Kementerian Pariwisata tahun 2013. Pemenang Asean Sustainable Tourism Award 2018 hingga Desa Wisata berkelanjutan 2021 dari Kemenparekraf.

2. Gunung Api Purba Nglanggeran

Berdasarkan sejarah geologinya, Gunung Api Nglanggeran merupakan gunung api purba yang berumur tersier (Oligo-Miosen) atau 0,6-70 juta tahun. Wisatawan bisa trekking untuk menjelajahi bongkahan batu seukuran raksasa layaknya gedung bertingkat.

Obyek wisata Gunungapi Purba Nglanggeran, Patuk, Gunungkidul, (30/12/2018)Obyek wisata Gunungapi Purba Nglanggeran, Patuk, Gunungkidul, (30/12/2018) Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom

Ya, uniknya, Gunung Api Purba Nglanggeran juga merupakan salah satu Geosite di Gunung Sewu UNESCO Global Geopark, salah satu Geopark di Indonesia yang sudah masuk alam jaringan Geopark Internasional.

3. Produsen Coklat

Jalan-jalan ke desa wisata tentu kurang lengkap jika tak membawa buah tangan. Nah, Desa Nglanggeran menawarkan oleh-okeh berupa minyman dan aneka olahan cokelat yang diproduksi langsung oleh masyarakat desa.

Griya coklat Nglanggeran adalah produsaen dan juga pisat oleh-oleh di Desa Nglanggeran. Usaha ini sudah dikembangkan sedari tahun 2014-2016 dan mendapat pendampingan dari BPTBA LIPI, Bank Indonesia dan Dishutbun Gunungkidul.

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA