Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 11 Okt 2021 22:40 WIB

TRAVEL NEWS

Jadi Desa Wisata Terbaik, Sandiaga Minta Nglanggeran Segera Uji Coba Buka

Jadi Desa Mandiri Inspiratif, Sandiaga Minta Nglanggeran Segera Uji Coba Buka
Foto: Sandiaga kunjungi Desa Wisata Nglanggeran (Pradito Rida Pertana/detikcom)
Gunungkidul -

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Salahuddin Uno mengunjungi Desa Wisata Nglanggeran, Kalurahan Nglanggeran, Kapanewon Patuk, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta. Sandiaga meminta Desa tersebut segera uji coba buka.

"Desa wisata Nglanggeran Kabupaten Gunungkidul menjadi Desa Wisata Mandiri Inspiratif Indonesia Bangkit. Ini 7 dari 7 desa terbaik di Indonesia," kata Sandiaga saat di Embung Nglanggeran, Kalurahan Nglanggeran, Kapanewon Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Senin (11/10/2021).

Jadi Desa Mandiri Inspiratif, Sandiaga Minta Nglanggeran Segera Uji Coba BukaJadi Desa Mandiri Inspiratif, Sandiaga Minta Nglanggeran Segera Uji Coba Buka Foto: (Pradito Rida Pertana/detikcom)

Terlebih, Desa Wisata Nglanggeran sukses menjadi wakil Indonesia di The initiative of the World Tourism Organization (UNWTO) Tourism Village Award. Oleh sebab itu, hari ini Sandiaga sekaligus menyerahkan sertifikat CHSE sebagai syarat objek wisata (obwis) boleh beroperasi saat PPKM level 3.

"Karena kita tadi banyak sekali mendengar keinginan untuk membuka kembali desa wisata ini, desa wisata hanya bisa dibuka jika patuh dan dan disiplin prokes. Untuk itu kita berikan CHSE kit yang terintegrasi dengan aplikasi PeduliLindungi," ujarnya.

Apalagi, Desa Wisata Nglanggeran ini bisa dibilang menjadi salah satu destinasi kelas dunia. Di mana masyarakat manunggal dengan pemerintah daerah dan juga dimiliki oleh semua masyarakat.

"Mudah-mudahan ini bisa jadi awal kebangkitan kita. Dan seiring dengan harapan tadi kami tugaskan Pak Singgih untuk koordinasi agar destinasi wisata ini bisa diajukan sebagai desa wisata yang akan diujicobakan," ucapnya.

Jadi Desa Mandiri Inspiratif, Sandiaga Minta Nglanggeran Segera Uji Coba BukaJadi Desa Mandiri Inspiratif, Sandiaga Minta Nglanggeran Segera Uji Coba Buka Foto: (Pradito Rida Pertana/detikcom)

"Sehingga harapan masyarakat dan wisatawan bisa kita wujudkan. Bu Kadis (Dispar Gunungkidul) segera ajukan dan nanti dimasukkan ke dalam list yang diujicobakan," lanjut Sandiaga.

Sementara itu, Bupati Gunungkidul Sunaryanta mengaku ingin sesegera mungkin obwis di Gunungkidul beroperasi. Mengingat dengan beroperasinya sektor pariwisata akan menggeliatkan perekonomian masyarakat.

"Mudah-mudahan destinasi-destinasi wisata di Gunungkidul ini dengan diberlakukannya PPKM level 3 bisa beroperasi kembali. Sehingga pertumbuhan ekonomi di Gunungkidul bisa segera bangkit," katanya.



Simak Video "Wisata RI Disanjung Forum Dunia, Sandiaga Sampaikan 2 Pesan Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA