Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 01 Jan 2022 18:41 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Tak Hanya Ada Kebun Raya Bogor, Kini Hadir Kebun Raya Cibinong

Luthfi Hafidz
detikTravel
Tak Hanya di Bogor,  Kebun Raya
Kini Hadir di  Cibinong
Kebun raya Cibinong (Luthfi hafidz/detikcom)
Jakarta -

Mungkin, Kebun Raya Bogor sudah biasa didatangi oleh wisatawan. Tapi traveler tahu kalau ada Kebun Raya Cibinong?

Kebun Raya Cibinong berada dalam kawasan LIPI yaitu di Jalan Raya Jakarta-Bogor Km 46, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Kebun ini merupakan peninggalan sejarah yang dikenal oleh warga Cibinong dengan sebutan LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia).

Wilayah yang sekarang menjadi Kebun Raya Cibinong merupakan pemberian atau hibah dari pemerintahan Jepang melalui JICA, saat itu pemerintahan Jepang memberikan dua dana hibah, hibah pertama dibangun Widya Satwa Loka sebagai Museum Zoologi, dana hibah tersebut diberikan kepada LIPI sebagai hak pakai sejak tahun 1968.

Tak Hanya di Bogor,  Kebun RayaKini Hadir di  Cibinong
Foto: (Luthfi hafidz/detikcom)

Kebun Raya Cibinong adalah salah satu dari enam kebun botani yang dikelola oleh LIPI (Kebun Raya Bogor, Kebun Raya Bedugul-Bali, Kebun Raya Cibodas, Kebun Raya Purwodadi, dan Puspiptek- Serpong).

Konsep Kebun Raya Cibinong berbeda dengan konsep Kebun Raya Bogor. Jika KRB berisi dengan tumbuh-tumbuhan ditata berdasarkan famili, di Kebun Raya Cibinong tumbuh-tumbuhan dikelompokkan berdasarkan pulau-pulau besar yang terletak di Indonesia. Untuk saat ini, pengelompokan terbagi menjadi Pulau Jawa, Bali, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Nusa Tenggara, dan Papua.

Tumbuhan yang berada di Kebun Raya Cibinong dikhususkan untuk tumbuhan tropis dengan flora yang hidup di dataran rendah maksimal 500 meter di atas permukaan laut.

Jumlah tumbuh-tumbuhan atau flora yang ada di Kebun Raya Cibinong sebanyak 1.147 spesimen, diantaranya 86 famili, 328 marga, dan 733 jenis.

Kebun Raya Cibinong rencananya difungsikan sebagai tempat koleksi, pemeliharaan, penangkaran tumbuhan dengan bermacam-macam jenisnya, Kebun Raya Cibinong juga dimanfaatkan sebagai sarana pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan serta teknologi.

Tak Hanya di Bogor,  Kebun RayaKini Hadir di  CibinongTak Hanya di Bogor, Kebun RayaKini Hadir di Cibinong Foto: (Luthfi hafidz/detikcom)

Salah satu spot foto yang sudah lama terkenal dan dijadikan iconic oleh warga Cibinong adalah Danau Dora. Danau Dora merupakan danau ecopark. Danau Dora merupakan sebuah kolam penampungan air seluas 23 hektare. Hulu danau ini memiliki luas 2 hektare dan memanjang ke bagian utara sekitar 700 meter dengan bervariasi 10-50 meter, rumput hijau dan teratai menghiasi danau.

Pada tepian danau, dibangun lintasan berbahan kayu untuk para pejalan kaki yang berbentuk melengkung ke tengah danau. Nama Danau Dora diambil dari bentuk lintasan yang menyerupai tokoh kartun anak-anak Dora The Explorer sehingga diberi nama Danau Dora.

Traveler dapat melakukan jalan pagi, bersepeda dan berfoto-foto sambil menghirup udara sejuk pagi hari di daerah Cibinong, Jawa Barat, Kebun Raya Cibinong menyajikan pemandangan yang indah dan udara sejuk karena pepohonan ditengah-tengah padatnya kota.

Kebun Raya Cibinong untuk saat ini tidak menetapkan harga untuk tiket masuk, akan tetapi jika traveler membawa kendaraan roda dua atau empat akan terkena biaya parkir berkisar Rp 5.000 - 10.000.

Akses menuju Kebun Raya Cibinong dapat dilalui oleh kendaraan roda dua dan empat, jika traveler menggunakan kendaraan roda dua dan dari arah jakarta maka ikuti saja Jalan Raya Jakarta-Bogor hingga bertemu dengan Cibinong City Mall, setelah itu tetap lurus mengikuti Jalan Raya Jakarta-Bogor, Komplek LIPI terletak di kiri jalan.

Jika traveler datang dari arah Bogor ikuti terus Jalan Raya Jakarta-Bogor hingga bertemu dengan lampu merah Sentul, tidak lama dari lampu merah letak LIPI di seberang kanan jalan. Begitu pula dengan kendaraan roda empat yang memilih melewati rute jalan Tol, maka jalur yang diambil adalah melewati Tol Jagorawi.

Traveler dapat keluar di pintu tol Cibinong dan mengambil arah ke Jalan Mayar Oking hingga bertemu Jalan Raya Jakarta-Bogor, rute yang diambil adalah rute dari arah Jakarta dan jika traveler keluar di Tol Sentul maka rute yang diambil adalah dari arah Bogor.

Jika traveler membawa anak-anak, sebaiknya lebih berhati-hati saat di area Danau Dora, jangan lupa pakai pakaian yang nyaman, tertutup, dan berwarna terang mengingat Kebun Raya Bogor dipenuhi pepohonan maka banyak serangga. Selain itu, traveler dapat membawa bekal dari rumah mengantisipasi kemacetan dan di dalam area Kebun Raya Bogor cukup sulit untuk menemukan makanan berat.

Jangan lupa untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan karena masih dalam keadaan pandemi COVID-19.

(elk/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA