Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 05 Jan 2022 11:11 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Cantiknya Air Terjun Sarang Walet di Desa Wisata Terindah Dunia

bonauli
detikTravel
Nama Desa Tetebatu menarik perhatian traveler belakangan ini. Berada di lereng gunung, desa Ini menjadi salah satu wakil Indonesia di kancah internasional dan dinobatkan sebagai desa terindah dunia oleh UNWTO.
Air terjun Sarang Walet (Rachman_punyaFOTO)
Lombok Timur -

Desa Tetebatu punya banyak wisata alam yang memanjakan mata. Salah satunya air terjun yang satu ini, Sarang Walet.

detikTravel bersama Toyota Corolla Cross Hybrid Road Trip Explore Mandalika ke Desa Tetebatu, Lombok Timur. Selain menjelajahi sawah yang terbentang, detikTravel juga mampir ke banyak tempat.

Air terjun Sarang Walet berada di tengah desa. Setelah treking pematang sawah, air terjun menjadi penutup perjalanan yang menyegarkan.

Yang membuat air terjun ini unik, adalah keberadaannya. Sarang Walet berada di antara tebing tinggi dan tersembunyi. Untuk melihatnya, traveler harus sedikit treking ke dalam tebing.

Tangga dan jembatan kayu sudah dibangun oleh pokdarwis. Akar gantung dari pepohonan menjuntai menemani perjalanan. Batu-batu besar pun harus didaki, hati-hati karena batu-batu ini licin.

Nama Desa Tetebatu menarik perhatian traveler belakangan ini. Berada di lereng gunung, desa Ini menjadi salah satu wakil Indonesia di kancah internasional dan dinobatkan sebagai desa terindah dunia oleh UNWTO.Air terjun Sarang Walet Foto: Rachman_punyaFOTO

Aliran air terjun membuat sungai kecil dan dangkal. Kamu bisa bermain basah-basahan di sini.

Suara deru air semakin terdengar. Air terjun Sarang Walet sudah terlihat di depan mata. Ketinggiannya kurang dari 5 meter, di bagian bawahnya ada kolam yang sangat segar.

Semakin siang, akan semakin dingin. Maklum, Tetebatu adalah desa yang berada di ketinggian 600 mdpl, di bawah kaki Gunung Rinjani.

Nama Desa Tetebatu menarik perhatian traveler belakangan ini. Berada di lereng gunung, desa Ini menjadi salah satu wakil Indonesia di kancah internasional dan dinobatkan sebagai desa terindah dunia oleh UNWTO.Air terjun Sarang Walet. Foto: Rachman_punyaFOTO

"Kalau siang sering hujan dan debit airnya jadi deras," ucap Badrun, pemandu lokal. Sarang Walet adalah satu dari tiga air terjun di Desa Tetebatu. Air terjun ini gratis dan menjadi salah satu atraksi untuk wisatawan lokal.

"Kalau sudah kebanyakan wisatawan, biasanya kita tutup setahun supaya asri kembali," jelasnya.

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "Risma Debat Sengit Lawan Mahasiswa soal Bansos di Lombok"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA