Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 05 Jan 2022 16:43 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Tugu Mangga Gedong Gincu, Ikon Anyar Majalengka di Tahun Baru

Bima Bagaskara
detikTravel
Tugu Mangga Gedong Gincu di Majalengka, Jabar
Tugu Mangga Gedong Gincu di Majalengka, Jabar (Bima Bagaskara/detikTravel)
Majalengka -

Tugu Mangga Gedong Gincu menjadi ikon baru Kabupaten Majalengka di awal tahun 2022. Tugu ini berlokasi di perempatan jalan di wilayah Kecamatan Cigasong.

Dilihat detikcom, Tugu Mangga Gedong Gincu tampak berdiri kokoh dari kejauhan. Tugu itu memiliki tinggi sekitar 11,9 meter dengan warna dominan putih.

Sesuai namanya, tugu ini memiliki simbol mangga gedong gincu yang diletakkan pada bagian paling atas. Kemudian, ada juga sebuah jam yang dipasang di dua sisinya. Tugu tersebut diketahui baru saja selesai direvitalisasi.

"Jadi tugu itu hanya direhabilitasi dari semula memang sudah Tugu Mangga Gedong Gincu," kata Kabid Tata Bangunan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Majalengka Mamat Surahmat, Rabu (5/1/2022).

Mamat menjelaskan revitalisasi Tugu Mangga Gedong Gincu itu memakan biaya sekitar Rp 1 miliar yang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Majalengka.

Menurutnya tugu itu dibangun untuk mengenalkan Majalengka sebagai salah satu daerah penghasil mangga gedong gincu.

"Kalo filosofi dari tugunyanya kurang tau tapi yang pasti tugu tersebut dibuat untuk mengenalkan bahwa Majalengka sebagai salah satu kabupaten penghasil mangga gedong gincu," kata dia.

"Sekarang hampir beres, tinggal finishing. Terkait peresmian masih menunggu arahan," dia menambahkan.

Dianggap Mirip Tugu Jam Gadang

Hadirnya Tugu Mangga Gedong Gincu ini menarik perhatian masyarakat khususnya pengguna jalan yang melintasi perempatan Cigasong hingga warganet yang banyak mengunggah foto tugu ini di media sosial.

Sayangnya, ada anggapan bahwa Tugu Mangga Gedong Gincu itu menyerupai Tugu Jam Gadang yang ada di Bukit Tinggi, Sumatera Barat.

Seperti yang diunggah akun facebook Eda Suwardaya Sind. Dalam unggahannya 6 hari lalu, akun tersebut memposting foto Tugu Mangga Gedong Gincu yang disandingkan dengan Tugu Jam Gadang.

"Di Bukit Tinggi ada jam Gadang, di kota kami ada jam gedong (gincu)," tulis akun tersebut.

Merespons anggapan itu, Bupati Majalengka Karna Sobahi menegaskan Tugu Mangga Gedong Gincu sama sekali tidak meniru Tugu Jam Gadang.

"Soal Tugu Mangga itu enggak ada meniru itu," kata Karna.

Ia pun mengungkapkan jika Tugu Gedong Gincu itu dibuat sama seperti tugu bola dunia di Munjul yang menjadi lambang dari Majalengka.

"Kenapa tugu mangga? Kan kita banyak gedong gincu, jadi tagline kita gedong gincu. Makanya kita buat lambang di sana, kalau bundaran munjul kan tugu untuk menjawab adanya BIJB," kata dia.



Simak Video "Suasana Ngabuburit di Alun-alun Ciamis, Sambil Berburu Takjil"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA