Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 08 Jan 2022 15:31 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Bingung Mau Kemping di Mana? Bumi Perkemahan Mandalawangi Jadi Pilihan Tepat

Luthfi Hafidz
detikTravel
Bumi Perkemahan Mandalawangi
Bumi Perkemahan Mandalawangi (Foto: Luthfi Hafidz/detikcom)
Jakarta -

Kegiatan berkemah atau kemping sudah berubah dan menjadi bagian dari kegiatan rekreasi yang dilakukan oleh semua kalangan. Bumi Perkemahan Mandalawangi di Cibodas, Cianjur bisa jadi rekomendasi tepat untuk tempatnya.

Bumi Perkemahan Mandalawangi cocok sekali untuk traveler yang enggan mendaki Gunung Gede-Pangrango karena kondisi fisik atau pun tak cukup waktu namun ingin menikmati pemandangan terbaiknya. Lokasi camping ground ini persis di kaki gunung dan pintu masuk pendakian, yakni di samping Kantor Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, atau tak jauh dari pintu keluar Kebun Raya Cibodas.

Mandalawangi camping ground dikelola oleh Perum Perhutani KPH Cianjur, Bumi perkemahan ini memiliki status sebagai hutan produksi dengan luas 39,5 hektar. Wana wisata seluas 10 hektar itu memiliki lingkungan ekosistem hutan dengan kontur lahan yang berbukit-bukit.

Di sekitar kawasan bumi Perkemahan Mandalawangi banyak ditumbuhi berbagai jenis pepohonan, di antaranya rasamala (Altingia exelsa Norona), saninten (Castanop sisargentea), pinus (Pinus merkusii), dan cemara duri (Juni perusrigida).

Pada tempat ini juga terdapat sebuah sungai yang mengalir di bagian timur bumi perkemahan Madalawangi Cibodas merupakan hulu dari Sungai Cikundul yang bermuara ke Waduk Cirata di Kabupaten Purwakarta.

Bumi Perkemahan MandalawangiBumi Perkemahan Mandalawangi (Foto: Luthfi Hafidz/detikcom)

Aliran sungai hulu Sungai Cikundul dapat digunakan sebagai jalur susur sungai atau bermain air. Di tengah lokasi Bumi Perkemahan Mandalawangi, terdapat danau yang kerap dipergunakan untuk kegiatan wisata air seperti perahu dayung atau untuk melakukan games dalam permainan outbound.

Karena letaknya cukup jauh dari ramainya perkotaan, suasana yang ditawarkan adalah ketenangan dan udara sejuk bebas polusi. Pemandangan Gunung Gede-Pangrango pun dapat terlihat jelas dari sini.

Maka dari itu tempat ini juga banyak dijadikan destinasi pilihan bagi traveler yang ingin menikmati alam juga untuk melepas penat dari hiruk-pikuk pekerjaan selama satu minggu lamanya.

Bumi Perkemahan Mandalawangi memiliki berbagai macam area yang siap digunakan untuk berkemah. Masing-masing area menawarkan keindahan pemandangan dan suasana tersendiri.

Bumi Perkemahan MandalawangiBumi Perkemahan Mandalawangi (Foto: Luthfi Hafidz/detikcom)

Di sana ada tempat kemping berpemandangan hutan, sungai hingga pemandangan Danau Mandalawangi. Untuk bisa berkemah di sini, tiketnya berbeda dengan tiket yang sekedar berkunjung. Meski tak punya tenda untuk berkemah, pengunjung bisa menyewa tenda di sini.

Selanjutnya, biaya dan rute ke Bumi Perkemahan Mandalawangi >>>

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Penampakan Longsor Cadas Hideung, Putus Akses Sukanagara-Pagelaran Cianjur"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA