Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 12 Feb 2022 19:45 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Makan Durian Sambil Melihat Eksotisnya Teluk Palabuhanratu? Di Sini Tempatnya

Syahdan Alamsyah
detikTravel
Bukit Durian Sagara, Sukabumi memiliki view menawan, langsung ke Teluk Pelabuhanratu.
Bukit Durian Sagara, Sukabumi memiliki view menawan, langsung ke Teluk Pelabuhanratu. (Syahdan Alamsyah/detikcom)
Sukabumi -

Ingin menikmati sensasi makan durian sambil menikmati indahnya Teluk Palabuhanratu di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat dari ketinggian? Tempat ini mungkin cocok buat traveler.

Di tempat ini traveler bisa berlama-lama nongkrong sambil menikmati bentangan teluk Palabuhanratu. Suguhan sunrise mengintip di balik bukit pada pagi hari dan sunset di sore hari bisa dilihat langsung dari spot lokasi yang sama.

Nama lokasinya Bukit Durian Sagara. Lokasinya berada di Desa Sukamaju, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Dulunya, tempat ini hanyalah perkebunan durian biasa banyak warga yang datang hanya untuk membeli durian di tempat ini.

"Bukit Durian Sagara ini punya dua core bisnis, pertama perkebunan durian lalu kedua wisata alam. Kalau misalkan bukti durian sagara ini sendiri itu awalnya dari hobi pemilik yakni orang tua saya yang menyukai durian namun sulit mendaptkan durian berkualitas baik khususnya di Sukabumi dan Bogor," kata Karina Larasati, putri pemilik Bukit Durian Sagara, kepada detikcom, Sabtu (12/2/2022).

Orang tua Karina kemudian mencoba menanam durian di tempat tersebut, dari awalnya hanya puluhan pohon kini sudah berjumlah ribuan pohon durian berbagai jenis.

Bukit Durian Sagara, Sukabumi memiliki view menawan, langsung ke Teluk Pelabuhanratu.Bukit Durian Sagara, Sukabumi memiliki view menawan, langsung ke Teluk Pelabuhanratu. Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom

"Jadi, dari mencoba menanam dari puluhan pohon kemudian jadi ratusan dan sekarang jadi ribuan. Berlanjut kepada wisata alam, konsep dan ide dari warga yang datang membeli durian, kami punya vila pribadi yang biasa dikunjungi oleh pemilik untuk beristirahat. Suatu ketika ada pembeli durian berswafoto di depan vila kami. Nah dari situ mulai lah dia menshare ke media sosial IG dan FB tenyata dishare kembali sehingga menjadi viral," kata Karina.

Posisi perkebunan durian yang menghadap langsung ke Teluk Palabuhanratu dianggap pas sebagai lokasi wisata kreatif oleh warganet. Memanfaatkan momen viral itu, ide dari pembeli durian itupun diwujudkan oleh pemilik perkebunan durian.

"Mungkin karena ditunjang juga dengan pemandangan yang bisa dilihat sendiri seperti ini, melihat bukit lalu lautan, melihat sunrise dari balik gunung dan view ke teluk Palabuhanratu untuk melihat sunset," kata Karina.

Lokasi wisata alam itu pun resmi dibuka untuk umum pada 13 November 2021 silam. Pengunjung terus berdatangan, ekonomi warga sekitar mulai terangkat, nama tempat jadi sorotan karena semakin banyaknya pengunjung yang datang melancong.

"Melonjak pada liburan tahun baru kemarin, bisa sampai 2 ribuan pengunjung. Kalau saat ini Rata-rata 500 - 600 pengunjung. Prokes pastinya kami ketat, diutamakan, harus memakai masker kami sediakan tempat cuci tangan kita ingatkan juga soal jaga jarak, kita pasang juga peduli lindungi di bagian depan," ujar Karina.

Bukit Durian Sagara, Sukabumi memiliki view menawan, langsung ke Teluk Pelabuhanratu.Bukit Durian Sagara, Sukabumi memiliki view menawan, langsung ke Teluk Pelabuhanratu. Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom

Sejumlah hidangan bertema durian juga bisa dinikmati di lokasi ini, selain tentunya durian yang masak seiring dengan waktu berbuah yang disesuaikan oleh pemiliknya.

"Ada berbagai jenis durian, mungkin bisa dicicip disini langsung. Biasanya ada juga pengunjung yang memesan jenis durian sebelum mengunjungi lokasi ini, lalu dinikmati sambil melihat view Teluk Palabuhanratu dari ketinggian," kata dia.



Simak Video "Asyiknya Menyantap Durian Sambil Melihat Eksotisme Palabuhanratu"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA