Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 15 Feb 2022 10:08 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Danau Biru Singkawang, Bekas Tambang yang Menawan

Danau Biru Singkawang
Foto: Danau Biru Singkawang (Wahyu Setyo Widodo/detikTravel)
Singkawang -

Tak hanya Belitung, Singkawang juga punya Danau Biru. Danau ini berasal dari bekas tambang. Warnanya yang biru sungguh memikat hati wisatawan yang melihatnya.

Fenomena danau bekas galian tambang rupanya ada juga di kota Singkawang, Kalimantan Barat. Lokasi tepatnya ada di Jalan Wonosari, kelurahan Roban, Kecamatan Singkawang Tengah.

Sebelum memasuki kawasan Danau Biru, traveler terlebih dahulu akan melewati tempat pembuangan sampah dan kebun sawit. Jangan bayangkan jalan mulus beraspal menuju ke sini karena tidak akan traveler temukan.

Jalannya hanya berupa tanah dan batu, cocoknya buat kegiatan offroad. Dari jalan besar, untuk menuju ke Danau Biru ini traveler butuh waktu sekitar 20 menitan.

Medan terjal yang harus traveler lalui sebelum masuk kawasan Danau Biru Singkawang akan terbayar begitu sampai di danau ini. Pemandangannya begitu magis dan membuat terhanyut.

Danau Biru SingkawangDanau Biru Singkawang Foto: Wahyu Setyo Widodo/detikTravel

Warna biru danau begitu kontras dengan warna lingkungan di sekitarnya, menciptakan sebuah lukisan alam yang indah namun ironis, karena sebenarnya danau ini tercipta dari hasil eksploitasi manusia terhadap alam yang demikian kaya.

Air danau yang berwarna biru diduga mengandung kontaminasi bahan kimia. Jangan pernah sekali-sekali mencoba untuk mengonsumsi air danau ini, apalagi berenang di sana. Meskipun warnanya sangat menggoda, tapi sangat tidak disarankan untuk melakukan kegiatan-kegiatan itu di sini.

Danau Biru SingkawangDanau Biru Singkawang Foto: Wahyu Setyo Widodo/detikTravel

Traveler cukup menikmati danau ini dari atas saja dan jangan pernah terpikir untuk menyelupkan anggota tubuh Anda di air danau, apapun itu.

Perpaduan dari birunya warna air di danau dan juga pemandangan di belakangnya, pasti akan menghasilkan foto yang indah. Meskipun tempatnya agak terpelosok, traveler pehobi fotografi pasti akan puas hunting foto di sini. Jangan heran pula jika Danau Biru Singkawang ini sering dijadikan lokasi foto pre wedding.

Danau Biru SingkawangDanau Biru Singkawang Foto: Wahyu Setyo Widodo/detikTravel

Menurut cerita dari warga setempat, danau ini dulunya sebagai tempat untuk membersihkan hasil pertambangan emas. Bekas galian tambang emas lama-lama terisi air dan menjadi danau seperti sekarang.

Sebenarnya, Danau Biru ini statusnya belum jadi destinasi wisata yang resmi dari Pemerintah Kota Singkawang. Namun karena sudah ada banyak orang yang mengunggah keindahannya di media sosial, orang lain jadi tertarik untuk datang.

Makin masuk ke dalam kawasan, traveler akan menemukan danau dengan ukuran yang lebih besar lagi, namun warna airnya tidak biru lagi. Tidak ada tiket masuk yang ditetapkan ketika memasuki Danau Biru alias gratis.

Tonton videonya 'Melihat Pesona Danau Biru Singkawang' di sini:

[Gambas:Video 20detik]





Simak Video "Melihat Pesona Danau Biru Singkawang"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA