Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Minggu, 06 Feb 2022 06:12 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Ngopi Pagi di Singkawang, Cobain Kopi Tiam Rusen yang Berdiri dari 1955

Kopi Tiam Rusen
Foto: Kopi Tiam Rusen di Singkawang (Wahyu Setyo Widodo/detikTravel)
Singkawang -

Belum lengkap liburan ke Singkawang kalau belum menyicipi kopinya yang sedap. Cobalah ngopi di Kopi Tiam Rusen yang legend banget dan bangunannya ikonik!

Berdiri tepat di seberang Vihara Tri Dharma Bumi Raya membuat Kopi Tiam Rusen lokasinya sangat strategis bagi wisatawan. Tak heran jika warung kopi ini selalu ramai, dari pagi hingga malam.

detikTravel berkunjung ke Kopi Tiam Rusen beberapa hari sebelum perayaan Imlek di Singkawang. Pagi hari jadi waktu yang pas untuk ke sini. Secangkir kopi andalan dari Kopi Tiam Rusen akan membuat Anda makin semangat menjalani hari.

Saya memesan kopi susu hangat. Dengan cekatan, pelayan kedai meracik pesanan saya. Gelas keramik yang akan digunakan direncam terlebih dulu di dalam panci berisi air panas.

Sejurus kemudian, cairan berwarna hitam pekat sudah berpindah dari saringan ke dalam gelas yang sudah disterilkan tadi. Tak lupa kental manis dan sesendok gula ditambahkan ke dalamnya. Jadilah secangkir kopi susu sedap yang akan saya nikmati pagi itu.

Kopi Tiam RusenKopi Tiam Rusen Foto: Wahyu Setyo Widodo/detikTravel

Sebagai teman minum kopi, kami memesan mantau kukus yang dimakan dengan cara dicocol ke kental manis. Duh, sedapnya!

Kopi Tiam Rusen merupakan kedai kopi tertua di Singkawang. Bangunan kedai ini sudah ada sejak tahun 1955. Dahulu, bangunan dua lantai ini bukan diperuntukkan untuk warung kopi, melainkan sebuah penginapan bernama Penginapan Rusen.

Kopi Tiam RusenKopi Tiam Rusen Foto: Wahyu Setyo Widodo/detikTravel

Foto-foto saat Kopi Tiam Rusen masih jadi penginapan bisa traveler lihat di lantai 2 bangunan kedai. Foto-foto jadul juga maish lengkap dipajang, traveler pecinta suasana vintage pasti akan merasa dimanjakan saat nongkrong di Kopi Tiam Rusen.

Salah satunya adalah Anugrah, warga Sambas yang kebetulan sedang ngopi pagi di Kopi Tiam Rusen. Dia mengaku menyukai suasana yang vintage, jadi cocok banget kalau ngopi di Kopi Tiam Rusen.

"Ini kan jadul banget kan tempatnya, jadi kita kayak flashback zaman dulu. Kebetulan saya senang dengan agak vintage-vintage gitu, jadi memang seneng," kata Anugrah

Traveler yang tertarik ngopi di sini, tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam karena harganya masih relatif murah. Secangkir kopi di Kopi Tiam Rusen harganya mulai dari Rp 8.000 saja kok.

Kopi Tiam Rusen buka dari jam 06.00 hingga 23.00 WIB. Traveler yang liburan ke Singkawang rasanya wajib coba ngopi di sini!



Simak Video "Menilik Kedai Kopi Tiam Rusen yang Spesial di Singkawang"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA