Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 20 Feb 2022 10:07 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Pantai Putri Klayar, Si Cantik dari Lamongan

Eko Sudjarwo
detikTravel
Nikmati Pantai Putri Klayar, Surga Tersembunyi di Pesisir Lamongan
Foto: Eko Sudjarwo
Lamongan -

Lamongan merupakan daerah di Jawa Timur yang punya pantai cantik bernama Pantai Putri Klayar. Suasananya begitu asri karena letaknya tersembunyi.

Sesuai namanya, Pantai Putri Klayar ini berada di Dusun Klayar, Desa Sidokelar, Kecamatan Paciran. Pantai yang berada di wilayah Pantura berada di perbatasan Gresik-Lamongan. Pantai ini salah satu tempat piknik murah yang rekomended untuk anda nikmati bersama keluarga.

"Sesuai namanya dulu ceritanya mbah-mbah dahulu, ada seorang putri cantik yang domisili di pantai ini dan Klayar adalah nama dusun tempat pantai ini, sehingga namanya pun dikenal dengan Pantai Putri Klayar," kata Kades Sidokelar, Saiful Bahri saat berbincang dengan detikJatim, Minggu (20/2/2022).

Pantai ini memiliki pemandangan dan suasana yang masih alami dan asri. Selain itu, keunikan lain yang dimiliki pantai ini adalah pasir putihnya yang lembut, deretan pohon bakau dan bebatuan karang. Kehadiran ratusan burung dara laut yang terbang di sekitar bibir pantai tersebut menambah suasana semakin indah dan cocok untuk dinikmati bersama keluarga.

"Pengelolaan Pantai Putri Klayar ini memang belum maksimal karena masih ada sejumlah kendala yang dihadapi untuk mengembangkan pantai ini menjadi wisata yang lebih menarik lagi," ujarnya.

Panorama Pantai Putri Klayar akan membuat siapa saja akan betah untuk berlama-lama di pantai. Bahkan, bagi pengunjung yang suka berswafoto tak akan kesulitan untuk mencari spot-spot yang bagus dan instagramable.

Syaiful menyebut, desa memang sudah ada rencana awal atau soft plan untuk mengembangkan pantai ini namun masih terkendala anggaran.

"Sebenarnya kita sudah ada soft plan dengan mendatangkan konsultan untuk pengembangannya. Namun, masih ada kendala, di antaranya seperti persoalan anggaran," ungkapnya.

Pantai Putri Klayar ini memiliki lokasi yang strategis karena hanya berjarak sekitar 2 KM dari Jalan Raya Daendles Lamongan. Meski begitu, akses jalan menuju pantai masih berupa jalan setapak dan belum tersedianya papan petunjuk menuju lokasi yang representatif.

Lantaran ini, pantai ini bisa dibilang sebagai surga yang tersembunyi di kawasan pesisir Lamongan. Sehingga, Pantai ini masih sangat sepi dan hanya diketahui oleh orang-orang tertentu saja.

Pantai yang berjarak kurang lebih 40 km dari Kota Lamongan ini menawarkan pemandangan alam yang masih terlihat alami. Terdapat rimbunan pohon bakau menghiasi sekitar kawasan pantai sehingga memberikan kesan teduh tersendiri, air lautnya yang bersih menambah kenyamanan saat bermain di sekitar pantai.

Jangan lupa, saat berada di pantai ini anda juga harus menyiapkan kamera untuk hunting foto instagenic karena lokasinya yang masih alami. Penyuka sunset maupun sun rise juga bisa menikmati pemandangan yang indah di surga pantai tersembunyi di Lamongan ini.

"Sebenarnya pantai ini menyimpan keindahan alam yang luar biasa. Jika dikelola dengan baik menjadi wisata, maka akan banyak memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar maupun pemerintah setempat," ungkap Bendahara DPC PDI Perjuangan Lamongan Fujika Sena Oktavia usai menanam ribuan pohon mangrove di pantai ini yang berbarengan dengan bakti sosial yang digelar oleh DPC PDI Perjuangan Lamongan.

Menariknya, untuk masuk di pantai ini juga tidak dipungut biaya alias gratis. Jadi, bagi Anda yang ingin mencari lokasi wisata yang murah meriah, Pantai Putri Klayar ini bisa menjadi pilihan. Bahkan, di pantai ini juga tersedia lahan yang cukup luas dan bisa digunakan untuk pengunjung yang ingin camping.

"Pantai Putri Klayar ini memiliki potensi yang luar biasa, apalagi jika mampu dikelola dengan baik, akan lebih baik jika Pantai Putri Klayar ini dikelola dan dijadikan ekowisata yang berwawasan lingkungan serta mengutamakan aspek konservasi," imbuhnya.

Dengan begitu, menurut Fujika, akan lebih banyak wisatawan yang berkunjung dan akan lebih bisa meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat sekitar. Tentu saja, lanjut Fujika, dalam pengembangannya masyarakat lokal juga harus dilibatkan dan diberdayakan seraya menyebut jika keindahan pantai ini juga harus ditunjang dengan sejumlah fasilitas dan sarana prasarana yang baik, sehingga keindahan pantai ini bisa lebih membumi dan dikenal oleh banyak orang.

"Kami akan berupaya untuk membantu dan mempercantik destinasi wisata Pantai Putri ini, mulai dari infrastruktur jalan menuju pintu masuk, gapura, dan lain-lain. Intinya, bagaimana wisata pantai ini lebih terlihat bersih dan cantik lagi," tandas Fujika.

Artikel ini telah tayang di detikJatim. Simak berita seputar Surabaya dan daerah Jawa Timur lainnya di link ini.



Simak Video "Ini Emak-emak di Lamongan yang Tutupi Nopol Pake Celana Dalam "
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA