Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Minggu, 06 Mar 2022 13:59 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Ini Spot Gowes Favorit di Pasuruan, Jalannya Mulus!

Muhajir Arifin
detikTravel
Jalur surga pegowes Pasuruan
Foto: Muhajir Arifin
Pasuruan -

Para pegowes pasti akan memberi dua jempol untuk jalur Pasrepan-Tosari, Pasuruan. Setelah menjajal sekali, pasti ingin mengulangi mengayuh pedal di trek ini.

Jalur Pasrepan -Tosari yang merupakan akses ke Bromo dari Pasuruan ini mulai menjadi trek favorit sejak tahun pertama pandemi virus Corona. Trek ini kemudian hits dan menjadi jalur 'surga' para pengayuh pedal sepeda.

Trek ini menawarkan jalan mulus. Kendaraan yang melintas juga relatif tak ramai sehingga lebih nyaman. Jalur ini menanjak dan banyak tikungan tajam yang menantang nyali, stamina dan fokus.

Sepanjang roda berputar, pegowes bisa memanjakan mata melihat pemukiman warga, pepohonan rindang di kanan-kiri serta hutan pinus yang amboi. Rasa capek dan ngos-ngosan sirna berganti rasa kagum pada keindahan alam yang tersaji.

Jalur surga pegowes PasuruanJalur surga pegowes Pasuruan. Foto: Muhajir Arifin

Jalur ini punya tiga pos yang ramai disinggahi untuk melepas lelah, namun tentu saja pegowes bisa istirahat di lokasi lain. Tiga pos itu berada di Desa Mangguan, Puspo dan Tosari.

Pos Mangguan, Kecamatan Pasrepan, merupakan warung sederhana yang menyajikan masakan khas desa yang menggugah selera. Di warung ini tersedia tempat parkir khusus yang muat belasan sepeda.

Pos kedua yakni di Kecamatan Puspo, Perbatasan Pasrepan Puspo atau di KUD Puspo. Di sini, pegowes juga bisa menikmati susu segar. Maklumlah, kecamatan ini merupakan salah satu sentra peternakan sapi perah di Pasuruan.

Pos terakhir ada di daerah Tosari. Di sini, pegowes bisa menikmati makanan Suku Tengger, masakan yang khas terbuat dari sayur-sayuran. Selain keindahan alam, budaya masyarakatnya menjadi daya tarik tersendiri.

"Kalau pegowes dari Pasuruan, biasanya sampai di pit stop satu, warung Mangguan atau di Perbatasan Puspo atau di KUD Puspo. Saya beberapa kali sampai Tosari," kata Anggun, pegowes asal Purworejo, Kota Pasuruan, Minggu (6/3/2022).

Jalur surga pegowes PasuruanJalur surga pegowes Pasuruan. Foto: Muhajir Arifin

Perempuan yang berprofesi sebagai penyiar radio milik Pemerintah Kabupaten Pasuruan ini sudah tak terhitung 'ngaspal' di jalur ini.

"Semiggu dua kali saya naik," ujarnya.

Bukan hanya itu, jalur Pasrepan-Tosari juga menawarkan destinasi wisata desa. Di Kecamatan Puspo, terdapat wisata Red Flower. Di sini, pegowes bisa beristirahat di hamparananeka bunga sambil menikmati hidangan atau sekedar minum kopi. Kemudian ada Bromo Forest dan beberapa destinasi lain sepanjang jalur.

"Itu jalur favorit. Saya beberapa kali gowes di sana. Ya, nggak selalu sampai Tosari, sampai Mangguan atau Puspo juga asyik," kata Moch Alim, pegowes asal Kota Pasuruan.

Sementara itu, Saiful, warga Puspo mengatakan selain dari Pasuruan, pegowes Sidoarjo, Surabaya hingga Gresik juga kerap menjajal jalur ini. Biasanya pada Sabtu dan Minggu, jalur ini ramai pegowes.

"Pegowes bukan hanya dari Pasuruan tapi Sidoarjo, Gresik dan Surabaya. Banyak yang ketagihan, pengen balik lagi," ungkap Saiful.

Artikel ini sudah tayang di detikJatim. Untuk mendapatkan informasi seputar Surabaya dan sekitarnya, kunjungi tautan ini.



Simak Video "Buntut Turis Kencingi Kawah Bromo, TNBTS Akan Edukasi Pengunjung"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA