Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 05 Mar 2022 20:47 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Ini Bejijong, Kampung Wisata Bergaya Majapahit yang Eksotis

Tak Kalah dengan Desa Adat Bali, Mojokerto Punya Kampung Majapahit yang Eksotis
Foto: Desa Bejijong (Enggran Eko Budianto/detikcom)
Jakarta -

Ratusan rumah bergaya Majapahit bisa traveler datangi di Desa Bejijong, Trowulan, Mojokerto. Selain bisa menginap di rumah klasik, traveler bisa mengunjungi sejumlah tempat bersejarah hingga mempelajari beberapa kesenian.

Kerja sama Pemkab Mojokerto dengan Pemprov Jatim membuat 200 rumah Majapahit berdiri di Desa Bejijong tahun 2015 lalu. Dengan anggaran Rp 16,3 miliar, saat itu, pemerintah juga membangun 50 rumah Majapahit di Desa Jatipasar dan 46 unit di Desa Sentonorejo.

Pembangunan rumah Majapahit ditambah 300 unit pada tahun 2016. Yakni masing-masing 100 rumah di Desa Trowulan, Temon, dan Watesumpak. Setiap rumah menelan biaya Rp 40-60 juta. Sehingga total 596 rumah Majapahit berdiri di 6 desa wilayah Kecamatan Trowulan.


Dinding rumah Majapahit tersusun dari bata merah pres sehingga terlihat natural. Fondasi rumah terbuat dari batu setinggi hampir 1 meter. Desain bangunan ini melebar dengan dua daun pintu kembar yang terbuat dari kayu. Selain itu, terdapat dua buah jendela pada sisi kiri dan kanan bangunan. Atapnya berupa genting berhiaskan ukel.Desain ratusan rumah Majapahit antara lain merujuk pada Naskah Negarakertagama, relief sejumlah candi dan artefak kuno. Sumber-sumber sejarah tersebut dipadukan dengan konsep modern. Rumah Majapahit dibangun di depan rumah-rumah penduduk. Sebagian menyatu dengan rumah induk, banyak pula yang terpisah.

Mempunyai 200 rumah Majapahit membuat Desa Bejijong semakin eksotis. Sehingga memacu semangat masyarakatnya untuk mengembangkan desa wisata. Geliat kampung Majapahit mulai terasa sejak tiga tahun lalu. Banyak rumah Majapahit yang dimanfaatkan menjadi homestay sebagai penginapan para wisatawan. Setiap rumah dihiasi aneka kembang sehingga asri dan adem.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Kerajinan Wajah Raja-raja Majapahit Berbahan Dasar Styrofoam, Mojokerto"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA