Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Sabtu, 12 Mar 2022 18:35 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

10 Oleh-oleh Khas Lombok

Tim detikcom
detikTravel
Nasib Pedagang Mutiara di Gili Trawangan yang kini tak jelas pemasukannya karena tak ada wisatawan yang berkunjung.
Mutiara dari Gili Trawangan (Rachman_punyaFOTO)
Jakarta -

Lombok di Nusa Tenggara Barat (NTB) menjadi sorotan dunia saat MotoGP Mandalika. Pulang nonton balapan, ini yang bisa jadi oleh-oleh dari Lombok.

Selain kaya akan destinasi wisata, Lombok memiliki sederet oleh-olah khas yang bisa dibawa pulang. Dari kopi, makanan, sampai kain tenun.

Berikut deretan oleh-oleh khas dari Lombok:

1. Manisan rumput laut

Budidaya rumput laut cukup banyak tersebar di penjuru kawasan Lombok. Beberapa rumah industri juga berkreasi mengolah rumput laut tersebut menjadi camilan unik.

Salah satunya manisan hingga dodol rumput laut. Untuk manisan ini memang sedikit berbeda, sebab tampilannya menyerupai permen dengan cita rasa manis, kenyal, empuk.


2. Terasi

Terasi memang sering dijadikan bumbu masak untuk menambah cita rasa. Jika sedang mampir ke Lombok, jangan lupa membeli terasi udang khas Jerowaru, beroq, atau lengkare.

Berbeda dari terasi lain, terasi asli Lombok dikenal tidak terlalu berbau menyengat, rasanya sedikit manis, namun tahan lama.

3. Madu Sumbawa

Madu Sumbawa juga tidak kalah eksis menjadi incaran wisatawan karena dipercaya memiliki khasiat baik untuk menjaga kesehatan tubuh menyeluruh.

Jenis madu Sumbawa yang paling tersohor ini adalah varian putih. Untuk harganya sekitar Rp80 ribu per botol, tapi bisa saja berbeda-beda bahkan lebih mahal.

4. Minyak Sumbawa

Oleh-oleh khas Lombok selanjutnya masih dari Kabupaten Sumbawa yaitu minyak oles yang terbuat dari rempah-rempah.

Konon, minyak Sumbawa ini diracik dengan metode konvensionalyang dipercaya dapat mengatasi masalah keseleo, pegal-pegal, hingga bekas luka bakar.


5. Susu kuda liar

Kuda Sumbawa merupakan salah satu rumpun kuda lokal asal Indonesia dengan keunggulan istimewa. Selain banyak digunakan untuk kegiatan penting, susu kuda ini juga layak dicoba.

Anda bisa mencicipi susu kuda liar yang sudah diproses ke dalam kemasan siap minum. Untuk rasanya cenderung lebih gurih dan mengandung cukup banyak nutrisi penting.

6. Songket Lombok

Salah satu pengrajin yang bisa menghasilkan kain tenun dan songket khas Lombok ini adalah merupakan binaan CSR Garuda Indonesia. Mereka bisa menghasilkan puluhan kain tenun dan songket dalam waktu satu bulannya. Semua ini buat atas permintaan dari para pelanggan, Ujar Ratna salah seorang pemilik Aldy's Songket, di Mataram, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Kamis (18/11/2014). Harga Tenun dan Songket itu sangat tergantung dengan tingkat kesulitan dalam proses membuatnya, bahan dan lama proses pembuatannya. Dari mulai yang berbahan Katun, Semi Sutra dan Sutra semua tersedia lengkap.Salah satu pengrajin yang bisa menghasilkan kain tenun dan songket khas Lombok. (Rachman Haryanto/detikcom)


Apabila Anda penggemar kain lokal, tidak ada salahnya membeli songket Lombok di daerah pusatnya yaitu Desa Sukarara.

Ciri khas dari songket Lombok ini kerap menggunakan warna-warna terang seperti kuning, hijau stabilo, merah, biru, atau ungu, dengan motif tumbuhan, binatang, hingga subahnale.

7. Kain tenun Sasak

Proses Pembuatan Tenun Khas Sasak Lombok yang bernilai tinggiTenun khas Sasak Lombok yang bernilai tinggi (Rachman_punyaFOTO

Selain songket, berikutnya ada kain tenun cantik khas Suku Sasak yang identik memakai benang dari sutera atau kapas, untuk menjaga kualitasnya.

Tradisi menenun di Suku Sasak sudah turun temurun dari dahulu dan dilestarikan sampai sekarang. Karena prosesnya masih manual, tidak heran jika kain ini harganya cukup tinggi.

8. Cukli

Cukli merupakan salah satu kerajinan tangan asal Lombok yang mendunia dan terbuat dari potongan kulit kerang.

Nantinya cukli dikreasikan menjadi aneka bentuk seperti kotak perhiasan, asbak, meja, kursi, vas bunga, dan banyak lagi bahkan cocok untuk dijadikan suvenir.

9. Kopi Prabe

Dari sekian banyak jenis kopi lokal di Indonesia tidak ada salahnya Anda juga mencicipi kopi Prabe dari Lombok. Kopi prabe merupakan jenis kopi dari Lombok yang terkenal.

Tidak hanya memiliki cita rasa unik, kopi khas Dusun Prabe ini diolah dengan teknik zaman dulu sehingga menghasilkan aroma berbeda dan ampasnya sedikit.

10. Mutiara Lombok

Nasib Pedagang Mutiara di Gili Trawangan yang kini tak jelas pemasukannya karena tak ada wisatawan yang berkunjung.Nasib Pedagang Mutiara di Gili Trawangan yang kini tak jelas pemasukannya karena tak ada wisatawan yang berkunjung. (Rachman_punyaFOTO)

Oleh-oleh khas Lombok berikutnya ada mutiara yang dipanen dari kerang mutiara laut. Ciri aslinya mempunyai butiran agak besar serta sangat berkilau.

Mutiara tersebut sudah banyak dipasarkan ke luar negeri. Jika ingin membeli untuk koleksi perhiasan, harga per butirnya bisa mencapai jutaan rupiah.



Simak Video "Viral! Rombongan Moge Lolos Penyekatan di Wisata Lombok"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA