Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 17 Mar 2022 14:37 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Main-main ke Surga Tersembunyi Purwakarta, Ada Curug Mahrom & Leuwi Goong

Dian Firmansyah
detikTravel
Curug Mahrom dan Leuwi Goong, Potensi Wisata di Purwakarta
Curug Mahrom dan Leuwi Goong Purwakarta (Foto: Dian Firmansyah/detikcom)
Jakarta -

Destinasi apa yang menarik dikunjungi di Purwakarta. Jika tertarik, kunjungilah Curug Mahrom dan Leuwi Goong ini.

Desa Kertamanah, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta memiliki banyak potensi wisata yang dapat menarik kunjungan wisatawan.

Kepala Desa (Kades) Kertamanah, Rahmat Iskandar mengatakan Desa Kertamanah memiliki potensi wisata yang luar biasa, namun belum dikelola dengan maksimal.

"Secara umum banyak potensi wisata yang bisa digali di Desa Kertamanah. Seperti Curug Mahrom dengan kondisi alamnya masih sangat asri, sehingga memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan," ucap Rahmat pada detikJabar beberapa waktu lalu.

Ia menambahkan, sesuai dengan kondisi alam letak desa Kertamanah ini, setelah melalui musyawarah bersama tokoh masyarakat lalu kami memutuskan untuk menata objek wisata Curug Mahrom dan Leuwi Goong.

Curug Mahrom dan Leuwi Goong, Potensi Wisata di PurwakartaCurug Mahrom dan Leuwi Goong, potensi wisata di Purwakarta (Foto: Dian Firmansyah/detikcom)

"Kalau kita lihat salah satu Pendapatan Asli Desa (PAD) yang paling produktif di desa kami adalah objek wisata air dan ini bekerjasama dengan BUMDes," ungkap Rahmat.

Untuk menuju ke lokasi Curug Mahrom, kata dia, belum ada akses jalan yang memadai. Pengunjung harus naik sepeda motor menyusuri jalan setapak yang berbatu di tengah hutan, lalu dilanjutkan dengan berjalan kaki.

"Motor pengunjung diparkir di tanah milik warga, setelah ini pengunjung berjalan kaki menuju curug mahrom. Kini sedang kami tata agar masyarakat yang berkunjung tidak kesulitan saat bejalan kaki menuju curug mahrom itu. Pecinta wisata alam, pastinya akan tertantang untuk menuju obyek wisata di tengah hutan yang masih sangat alami tersebut," jelas Rahmat.

Diakuinya, berbagai upaya untuk mengembangkan wisata alam itu telah dilakukan, namun hingga saat ini masih terkendala dengan keterbatasan pembiayaan.

"Kami membutuhkan banyak dukungan, agar akses menuju tempat wisata ini bisa dibuka dengan baik," ungkapnya.

Curug Mahrom dan Leuwi Goong, Potensi Wisata di PurwakartaCurug Mahrom dan Leuwi Goong, potensi wisata di Purwakarta (Foto: Dian Firmansyah/detikcom)

Rahmat berharap, dengan dibukanya akses wisata air terjun di Curug Mahrom, tentunya akan menjadikan wilayah ini sebagai destinasi wisata, dan dapat meningkatkan perekonomian warga setempat melalui destinasi wisata.

"Nantinya akses tersebut sejalur, dan satu sama lain antara wisata dengan sektor pertanian saling menguntungkan. Dengan dibukanya objek wisata Curug Mahrom itu memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar dari segi perekonomian," kata dia.

"Tak hanya itu, di atas Curug Mahrom ini ada destinasi wisata air lagi, yakni curug leuwi Kancah dan kedepannya bakal di tata juga," pungkas dia.

***

Artikel ini telah tayang di detikJabar. Untuk informasi dan berita seputar Bandung, Cirebon, dan daerah-daerah lain di Jabar, klik di sini.



Simak Video "Tol Cipularang Arah Jakarta Padat"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA