Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Senin, 21 Mar 2022 14:18 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

7 Wisata Alam Cantik untuk Healing di Bandung

Taman Langit Pangalengan
Foto: Taman Langit Pangalengan (Yuga Hassani/detikcom)
Jakarta -

Alam Bandung memang begitu cantik dan menenangkan. Beberapa wisata Bandung pun cocok untuk healing!

Traveler yang mau melepas penat bisa nih memilih Bandung sebagai tempat liburan. Dikumpulkan detik Travel dari berbagai sumber, berikut 7 wisata untuk healing di Bandung:

1. Kawah Putih

Kawah Putih berlokasi di kaki Gunung Patuha, Desa Alam Endah, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung. Kawahnya yang indah terbentuk dari letusan Gunung Patuha.

Kawah PutihKawah Putih Foto: Resa Noor Fauziah/d'travelers

Yang menarik di kawah putih adalah pesona dari gradasi warnanya. Mulai dari kebiruan, hijau keputihan dan coklat. Ini disebabkan oleh konsentrasi belerang dan suhu di sekitar kawah.

Pesona kawah putih sendiri jarang ditemui di wisata alam Indonesia. Pasir putihnya, bebatuan berukuran besar, gugusan Gunung Patuha dan tumbuhan edelweis mempercantik destinasi ini.

2. Ranca Upas

Traveler yang mau kemping di sekitar Bandung bisa datang ke Ranca Upas. Ada suasana yang tak biasa, karena kamu bisa melihat gerombolan rusa ditambah pemandangan yang mempesona.

Penangkaran Rusa Ranca UpasPenangkaran Rusa Ranca Upas Foto: Resa Noor Fauziah/d'traveler

Berlokasi di Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, destinasi ini dikenal sebagai bumi perkemahan yang jadi tempat favorit untuk pecinta alam.

Suhu rata-rata di Ranca Upas sekitar 17-20 celsius. Tempat kemping ini juga dijadikan tempat penangkaran rusa, jadi jangan heran kalau traveler melihat rusa bermain sambil memakan rumput.

3. Situ Patenggang

Situ Patenggang merupakan wisata danau yang menawarkan panorama alam yang begitu cantik. Lokasinya berada di kawasan perkebunan teh Rancabali, Ciwidey, Bandung.

Jembatan pinisi merupakan bagian dari restoran pinisi. harga berfoto di sini sebesar Rp. 15.000Jembatan pinisi merupakan bagian dari restoran pinisi. harga berfoto di sini sebesar Rp. 15.000 Foto: detik

Wisata alam ini terletak di atas ketinggian 1.600 mdpl. Ada pepohonan rindang di tepi danau yang membuat suasana semakin syahdu.

Traveler bisa menikmati fasilitas yang tersedia seperti berkeliling danau dengan perahu dan singgah di Pulau Asmara, bersantai di pondokan, menyusuri jembatan hingga bermalam di glamping.

4. Taman Langit Pangalengan

Taman Langit Pangalengan menyuguhkan keindahan kebun teh di bawah barisan Gunung Wayang. Lokasinya sekitar 64 km dari pusat kota Bandung.

Taman Langit PangalenganTaman Langit Pangalengan Foto: Yuga Hassani/detikcom

Tepatnya, wisata Taman Langit berada di Kp. Puncak Mulya, Jalan Cukul, Sukaluyu, Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung. Banyak spot instagramable yang disediakan.

Berada di atas ketinggian 1.670 mdpl, tampak pemandangan 'samudra awan'. Pada malam harinya, keindahan city light juga bisa wisatawan nikmati.

5. Sanghyang Heuleut

Wisata alam di Bandung Barat ini menyuguhkan keindahan danau kecil dengan air berwarna hijau. Sekelilingnya terdapat bebatuan besar.

Sanghyang HeuleutSanghyang Heuleut Foto: Whisnu Pradana/detikcom

Sanghyang Heuleut berlokasi di Kampung Cipanas, Rajamandala Kulon, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat. Kedalaman airnya cocok untik traveler yang suka memacu adrenalin.

Namun, traveler yang mau datang ke Sanghyang Heuleut sebaiknya mempersiapkan kondisi fisik yang fit. Sebab lokasinya dari parkir dan loket cukup jauh, yaitu sekitar 5 km.

6. Situ Cileunca

Situ Cileunca merupakan danau buatan seluas 1.400 hektar yang berlokasi di Desa Pulosari, Kecamatan pangalengan, Kabupaten Bandung. Keindahan senja dengan ketenangan airnya bisa dinikmati di sini.

Danau di Pengalengan, Bandung Selatan.Danau di Pengalengan, Bandung Selatan. Foto: Muhammad Iqbal

Selain menikmati keindahanya ada banyak spot foto misalnya, jembatan yang menghubungkan satu desa dan desa lainnya. Traveler juga bisa berfoto dengan pemandangan asri khas Pangalengan.

Traveler juga bisa berkeliling dengan perahu yang ditawarkan oleh warga sekitar. Ada banyak juga aktifitas seru seperti arung jeram, paintball, flying fox, offroad landrover, river tubing hingga wisata berkebun.

7. Orchid Forest Cikole

Kawasan hutan pinus bisa traveler kunjungi di Bandung, tepatnya berada di Genteng, Cikole, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Orchid Forest Cikole LembangOrchid Forest Cikole Lembang Foto: Rafida Fauzia

Hutan ini bisa menjadi destinasi favorit wisatawan yang ingin bersantai atau menghabiskan waktu bersama keluarga. Menariknya, hutan ini juga menjadi tempat penangkaran beragam bunga anggrek.

Dengan suasana yang begitu sejuk dan rindang, perjalanan menyusuri hutan tak begitu terasa, Ada jalur khusus pula untuk berjalan kaki, jadi tak perlu khawatir kotor karena terkena tanah.



Simak Video "Berlibur dengan Aktivitas Alam Outbound di Ranca Upas, Bandung"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA