Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Minggu, 27 Mar 2022 19:20 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Di Tempat Ini, Presiden Sukarno Pernah Berpidato dengan Lantang di Garut

Hakim Ghani
detikTravel
Babancong di Garut.
Foto: Tempat Presiden Sukarno pidato di Garut (Hakim Ghani/detikJabar)
Garut -

Tak banyak yang tahu, Presiden Sukarno pernah berpidato dengan lantangnya di Garut. Bangunan tempat Bung Karno berpidato di Garut masih bisa dijumpai traveler.

Bangunan yang bernama Babancong itu menjadi salah satu ikon kota Garut yang belum diketahui banyak orang. Presiden pertama RI, Ir Soekarno pernah berpidato di tempat ini.

Babancong berada di kompleks Pendopo Kabupaten Garut. Lokasinya berada di Jalan Dewi Sartika, Kecamatan Garut Kota. Posisinya tepat di tengah-tengah, antara Lapangan Otto Iskandardinata dengan rumah dinas Bupati Garut atau yang biasa disebut Pamengkang.

Babancong merupakan sebuah bangunan unik seperti podium berbentuk persegi delapan. Tingginya sekitar 7 meter dan luas 15 meter persegi.

Bangunan ini memiliki relung berbentuk lengkung dan pilar berjumlah 8 di setiap penjuru bagian bawah. Di bagian belakang, terdapat dua tangga melingkar untuk menuju podium.

Babancong Garut.Babancong Garut. Foto: Hakim Ghani

Bangunan ini diketahui didirikan sekitar tahun 1813, saat pembentukan kembali Kabupaten Balubur Limbangan yang ibu kotanya dibangun di wilayah Suci (sekarang Garut Kota).

Sejarawan Garut, Warjita menjelaskan, Babancong merupakan tempat berpidato Bupati di masa lalu. Bahkan, hingga kini Bupati Garut berpidato di sana pada momen-momen tertentu.

"Fungsinya sebagai tempat Bupati atau dalem, atau pejabat pemerintah lain untuk berpidato. Kemudian digunakan juga bagi pejabat untuk menyaksikan keramaian di Alun-alun," kata Warjita.

Babancong tak hanya digunakan oleh para Bupati untuk berpidato. Presiden pertama RI Soekarno dikabarkan pernah berpidato di sana.

Warjita mengatakan, momen tersebut terjadi sekitar tahun 1960-an. Saat itu, Soekarno berkunjung secara khusus ke Garut untuk memberikan penghargaan Garut sebagai kota terbersih kala itu.

"Di Babancong itulah Bung Karno berpidato di depan masyarakat Garut serta menyerahkan plakat Garut sebagai kota terbersih kepada Bupati Garut saat itu Raden Gahara Wijaya Suria," katanya.


***

Artikel ini telah tayang di detikJabar. Untuk informasi dan berita seputar Bandung, Cirebon, Garut, dan daerah-daerah lain di Jatim, klik di sini.



Simak Video "Momen Anggota DPRD Garut Ngamuk, Gebrak Meja-Banting Mic saat Rapat"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA