Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 27 Mar 2022 18:40 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Pemandian yang Pernah Dikunjungi BJ Habibie Itu Kini Terbengkalai

Nadhir Attamimi
detikTravel
Permandian wisata alam cekdam Toli-toli.
Foto: Cekdam Toli-toli (Nadhir Attamimi/detikcom)
Toli-toli -

Mantan presiden BJ Habibie pernah mengunjungi kawasan wisata alam dan pemandian Cekdam Toli-Toli. Tapi itu dulu, sekarang destinasi wisata ini terbengkalai.

Destinasi itu terletak di Desa Wawobungi (pemekaran Desa Toli-Toli) Kecamatan Lalonggasumeeto, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra). Sudah 20 tahun destinasi ini terbengkalai, tak terurus.

Padahal dulu destinasi wisata yang pernah populer ini sampai dikunjungi Presiden RI ke-3 BJ Habibie. Sebenarnya, fasilitas wisata ini dibangun pada tahun 1985, saat H. Alala masih menjabat Gubernur Sultra.

Cekdam Toli-Toli mulai beroperasi tepatnya tahun 1991. Permandian ini dulu sangat masyhur terutama di era tahun 1990-an. Namun sayang, destinasi itu mulai terbengkalai sejak tahun 2002.

Pemandian alam yang terletak terletak persis di bawah kaki Gunung Puncak Osu Labaga itu kini tinggal cerita. Setelah melewati gerbang, traveler akan melalui jalanan yang dulu semi aspal, namun kini sudah rusak dan tinggal bekas bongkahan aspal.

Permandian wisata alam cekdam Toli-toli.Pemandian Cekdam Toli-toli terbengkalai Foto: Nadhir Attamimi

Kemudian di sebelah kiri jalan masuk, ada bangunan vila dua lantai. Namun kondisinya memprihatinkan. Beberapa bagian vila itu sudah rusak, pintu-pintu sudah copot.

Plafon ambrol dan dinding bangunan sudah mulai retak. Vila tersebut dulunya digunakan untuk memfasilitasi tamu-tamu penting dan disewa wisatawan yang ingin menginap.

Jalan beton yang dibuat ke lokasi permandian dan tangga naik di kawasan permandian sebenarnya kondisinya masih cukup bagus. Hanya saja, rerumputan sudah tumbuh liar menutupi kawasan itu sepenuhnya.

Jejak BJ Habibie di Cekdam Toli-toli

Gubernur Sultra kala itu, Alala tampak serius membangun kawasan permandian alam itu. Pada saat Bacharuddin Jusuf Habibie masih menjadi Wakil Presiden Soeharto, dia berkunjung ke Cekdam Toli-Toli ini.

"Tahun 1991 BJ Habibie datang menyaksikan kawasan alam Cekdam ini dan membubuhkan tanda tangan dalam bentuk prasasti," kata mantan Kepala Desa Toli-Toli H. Sudin Laronga, yang menjabat mulai 1966-1998.

Sudin Laronga menyaksikan harapan BJ Habibie waktu itu yang ingin mengembangkan dunia pariwisata di kawasan tersebut. Saat itu, BJ Habibie memerintahkan Gubernur Alala untuk mempertahankan dan memajukan permandian alam itu agar bisa maju dan berkembang demi kesejahteraan masyarakat Toli-Toli dan sekitarnya.

"Beliau datang ingin menyaksikan pariwisata itu, dia ingin agar bisa berkembang kemudian hari," paparnya.

Sudin Laronga masih ingat persis saat kedatangan orang nomor dua di Indonesia waktu itu. Masyarakat berbondong-bondong mengunjungi permandian alam itu, sekalian menyaksikan sosok BJ Habibie.

"Dulu itu ramai sekali masyarakat yang menyaksikan ketika BJ Habibie datang," ujarnya.

Namun, prasasti BJ Habibie juga sudah tak terurus, selain rusak, tumbuhan liar sudah mengelilinginya. Dia mengungkapkan jika kawasan alam itu tidak diurus kembali, maka hanya akan ada cerita bahwa ditempat tersebut dulunya ada kawasan permandian alam favorit yang memiliki prasasti BJ Habibie.

"Kita semua harapannya agar tempat ini bisa dikelola kembali dengan baik," ujar dia.



Simak Video "Sensasi Berendam Air Panas Galunggung di Citiis Padakembang"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA