Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 28 Mar 2022 16:44 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Simpan Kisah Menarik, Yuk! Kenali 7 Museum Bersejarah di Semarang

Tim detikJateng
detikTravel
Museum ambarawa menyimpan berbagai lokomotif uap dan diesel.
Foto: Museum Kereta Api Ambarawa (detik)
Jakarta -

Siapa yang suka berwisata ke Semarang? Kota ini memiliki destinasi yang menyimpan kisah unik lho di masa lampau!

Semarang memiliki berbagai museum yang menarik untuk dikunjungi. Mengutip situs resmi Pemkot Semarang, berikut 7 museum bersejarah di kota ini:

1. Museum Kereta Api Ambarawa

Museum ini pada awalnya merupakan stasiun kereta api. Lokasinya berada di sekitar 20 km dari Ungaran, Semarang. Nah, Museum Kereta Api Ambarawa mempunyai salah satu kereta api uap dengan Lokomotif Nomor B 2502 dan B 2503 buatan Maschinenfabriek Esslingen, yaitu kereta api yang pernah berjaya di zamannya. Hingga kini pun kereta ini masih bisa menjalani aktivitas sebagai kereta api wisata.

Konon, stasiun kereta api dibangun atas permintaan Raja William I. Dahulu stasiun digunakan untuk mengangkut pasukan, tapi pada tahun 1970 ditutup. Sehingga, jalur dari Magelang-Semarang-Yogyakarta pun sudah beroperasi lagi.

Sementara itu, pada tahun 1976, Gubernur Jawa Tengah, Soepardjo Roestam mengubah fungsi stasiun jadi Museum kereta Api. Meski sudah tergolong bangunan tua, bagian museum yang masih orisinal karena dipelihara dengan baik.

Bahkan, berkunjung ke museum ini seakan membawa wisatawan ke masa kejayaan kereta dari Nederlandsch-Indische Maatschaapij Spoorweg. Untuk traveler yang mau berkunjung, Museum Kereta Api berada di Jl Setasiun Nomor 1 Ambarawa, Kabupaten Semarang.

2. Museum Mandala Bhakti

Bangunan ini pertama kali dirancang sebagai Raad van Justitie atau Pengadilan Tinggi bagi golongan rakyat Eropa di Semarang. Perancangnya adalah arsitek I. Kuhr E. dari Firma Ooiman dan van Leeuwen, dan dibangun sekitar tahun 1930. Tahun 1950-an bangunan ini digunakan oleh Kodam IV Diponegoro sebagai Markas Besar Komando Wilayah Pertahanan II.

Museum Mandala Bhakti Semarang ini merupakan museum perjuangan TNI. Museum Mandala Bhakti Semarang ini menyimpan beberapa koleksi tentang data, dokumentasi, persenjataan TNI baik yang tradisional hingga senjata yang modern. Serta alat-alat yang digunakan untuk mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia.

3. Museum Ranggawarsita Semarang

Museum ini memiliki koleksi sejarah, alam, arkeologi, kebudayaan, era pembangunan dan wawasan nusantara. Nama museum ini diambil dari nama pujangga Ranggawarsita, yang terkenal dengan hasil karyanya dalam bidang filsafat dan kebudayaan.

Museum Ranggawarsita mempunyai koleksi yang berjumlah 59.802 buah yang terbagi dalam 10 jenis, yaitu geologi, biologi, arkeologi, historika, filologi, numismatic, heraldika, kramologika, teknologika, ethnografika dan seni rupa

Museum ini berlokasi di Jl Abdulrahman Saleh No 1 Kalibanteng Kulon Semarang. Museum ini buka setiap hari dan beroperasi pukul 08.00-16.00 WIB.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3
BERITA TERKAIT
BACA JUGA