Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 30 Mar 2022 10:02 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Sayang Banget, Wisata Alam Blitar Ini Tak Terawat dan Bau Tak Sedap

Erliana Riady
detikTravel
sirah kencong
Sirah Kencong Blitar Foto: Erliana Riady
Blitar -

Sayang banget, wisata alam Sirah Kencong di Desa Ngadirenggo, Wlingi, Blitar sudah tak sama lagi seperti 2 tahun lalu. Area perbukitan dan perkebunan teh itu tampak tak terawat dan mengeluarkan aroma tak sedap.

Sirah Kencong, merupakan perkebunan teh milik PTPN XII. Landskap dan kontur perbukitan nan hijau, menjadi magnet bagi wisatawan untuk berkunjung ke lokasi dengan ketinggian 1179 MDPL itu. Terlebih, ada pemandangan perkebunan teh yang menghampar luas.

Kawasan berhawa sejuk ini ibarat "puncak" bagi warga Jatim. Sebagian menyebut Sirah Kencong sebagai wisata alternatif bagi orang yang ingin merasakan hawa sejuk perbukitan. Karena selain menyaksikan hamparan kebun teh, pengunjung juga bisa menikmati indahnya air terjun dan spot-spot foto yang instagramable.

Deskripsi itu merupakan kondisi 2 tahun yang lalu. Kini, suasana adem dan hawa sejuk itu nampak sirna perlahan. Ada beragam faktor yang menyebabkan itu terjadi.

Jalan yang Tak Terawat

Pertama adalah infrastruktur jalan yang nampak tak terawat. Selama perjalanan menuju lokasi, sebagian pengunjung tampak mengelus dada. Karena jalan yang rusak dan banyak lubang.

"Tidak nyaman lagi jalannya, banyak yang bolong-bolong. Kalau naik mobil masih mendingan. Kalau naik motor ya bahaya, karena lubangnya dalam. Apalagi habis hujan kan enggak kelihatan. Bahaya itu, padahal jalannya makin sempit," tutur Isti, pengunjung asal Sidoarjo.

Tak hanya mengeluhkan akses jalan menuju lokasi, Isti juga mengeluhkan kondisi spot wisata Sirah Kencong yang nampak lapuk dan tidak terawat. Menurut dia, spot foto yang terbuat dari kayu mulai rapuh. Rumput-rumput liar juga tumbuh di tanaman bunga. Kondisi itu tampak dibiarkan tanpa dibersihkan.

"Ibaratnya kalau dulu itu bersolek. Tapi sekarang enggak estetik lagi. Hawanya enggak lagi segar, seperti layaknya kebun teh. Karena sudah terkontaminasi bau busuk dari kotoran sapi. Bau busuk itu sangat menyengat dan mengganggu," imbuh Isti.

----

Berita ini sudah tayang di detikjatim, "Sirah Kencong Dulu Sejuk, Kini Tak Terawat hingga Mengeluarkan Aroma Busuk" selengkapnya klik tautan ini.



Simak Video "Meraup Jutaan Rupiah dari Budidaya Anggrek"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA