Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 30 Mar 2022 17:48 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Gunung Ireng, Cantiknya Pesona Sunrise hingga Milky Way di Gunungkidul

Selain mengandalkan pemandangan sunrise bahkan Milky Way (Galaksi Bima Sakti), Gunung Ireng tengah mengembangkan sport tourism untuk bangkit dari pandemi.
Foto: Gunung Ireng (Pradito Rida Pertana/detikJateng)
Jakarta -

Gunungkidul mempunyai banyak gunung api purba. Salah satu rekomendasinya adalah Gunung Ireng.

Objek wisata Gunung Ireng mengandalkan pemandangan sunrise hingga Milky Way. Lokasinya berada di Pedukuhan Srumbung, Kalurahan Pengkok, Kapanewon Patuk, Kabupaten Gunungkidul.

Akses menuju objek wisata tersebut terbilang mudah, akan tetapi saat sampai di Gunung Ireng, travelers harus berjalan kaki untuk mencapai puncak. Nah, saat sampai di puncak ada hamparan perbukitan dan pesawahan dari ketinggian.

Suasananya yang begitu asri dan sejuk membuat pengunjung betah berlama-lama. Terlihat beberapa pengunjung sedang berswafoto dan bersantai di beberapa gazebo yang tersedia.

Menurut Pengelola Pokdarwis Gunung Ireng, Sugit, penamaan Gunung Ireng baru tercetus pasca 2013. Saat itu, salah satu kampus melakukan penelitian.

Di sanalah terungkap bahwa gunung yang didominasi batu berwarna hitam ini merupakan salah satu gunung api purba. Usianya melebihi gunung api Nglanggeran.

"Jadi awalnya sebelum kita namakan Gunung Ireng di tahun 2010-2013, itu namanya Gunung Botak karena di sini tidak tumbuh rumput," katanya kepada detikJateng saat ditemui di Gunung Ireng, Sabtu (27/3/2022).

"Kenapa jadi Gunung Ireng? Karena ini adalah gunung api purba dan menurut penelitian dari IST Akprind, Gunung Ireng lebih tua dari Nglanggeran. Apalagi dari komposisi batuan di Gunung Ireng lebih lengkap," lanjut Sugit.

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA