Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 11 Mar 2022 13:16 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Jarang Diketahui, 5 Desa Wisata 'Hidden Gem' Ini Punya Pesona Juara

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang kaya akan destinasi wisata. Tidak hanya gunung dan pantai saja, melainkan ada banyak desa wisata.
Foto: Dok. Kemanparekraf
Jakarta -

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang kaya akan destinasi wisata. Tidak hanya gunung dan pantai saja, melainkan ada banyak desa wisata.

Selain indah, desa wisata tersebut juga memiliki kekayaan budaya yang sudah diakui dunia. Tidak heran bila hashtag Desa Wisata Nusantara sempat bertengger sebagai trending topic di Twitter beberapa waktu lalu. Jika kamu ingin liburan yang berbeda di masa pandemi ini, nggak ada salahnya mencoba pengalaman seru dengan menjelajahi desa wisata #DiIndonesiaAja.

Berikut 5 rekomendasi desa wisata dengan keunikan #WonderfulIndonesia yang bisa menjadi inspirasi berlibur di tahun ini.

1. Desa Nglanggeran, Daerah Istimewa Yogyakarta

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang kaya akan destinasi wisata. Tidak hanya gunung dan pantai saja, melainkan ada banyak desa wisata.Foto: Dok. Kemanparekraf

Desa Nglanggeran terletak di Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Jika ke sini, maka kamu wajib mengunjungi Gunung Api Purba yang menjadi primadona sekaligus ikon wisata di Desa Nglanggeran. Gunung Api Purba memiliki struktur batuan yang besar. Di puncaknya, kamu bisa berkemah sambil melihat pemandangan Gunungkidul yang memanjakan mata, bak negeri di atas awan.

Ada juga wisata lainnya yang tidak boleh kamu lewatkan, seperti air terjun Kedung Kandang. Air terjun ini terbilang unik karena terbentuk dari susunan batuan vulkanik yang berundak, di tengah-tengah terasering sawah. Karena pesonanya, tidak heran bila Desa Nglanggeran dinobatkan sebagai Best Tourism Village 2021 dari Organisasi Pariwisata Dunia di bawah Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNWTO), mengalahkan desa-desa terkenal dari berbagai negara di dunia.

2. Desa Pemuteran, Bali

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang kaya akan destinasi wisata. Tidak hanya gunung dan pantai saja, melainkan ada banyak desa wisata.Foto: Dok. Indonesia Travel

Pernahkah kamu berkunjung ke Desa Wisata Pemuteran di Bali? Jika belum, maka desa yang terletak di Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng ini wajib masuk ke dalam destinasi traveling berikutnya. Tepatnya di bagian barat laut Bali, atau sekitar 3 jam berkendara dari Kuta. Dulunya, Pemuteran hanya sebuah desa nelayan biasa. Kemudian di tangan I Gusti Agung Prana, desa ini sukses bertransformasi menjadi hidden gem pariwisata yang menarik bagi wisatawan, karena menyimpan kekayaan alam yang luar biasa.

Ada sekitar 80% jenis terumbu karang dunia yang hidup di sana. Semuanya bisa kamu nikmati secara cuma-cuma sambil snorkeling dan diving. Adapun spot foto underwater favorit yaitu di Underwater Temple Garden, yang terkenal akan auranya yang misterius dan menakjubkan.

3. Desa Carangsari, Bali

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang kaya akan destinasi wisata. Tidak hanya gunung dan pantai saja, melainkan ada banyak desa wisata.Foto: Dok. Indonesia Travel

Nggak hanya Desa Pemuteran, di Bali juga ada Desa Wisata Carangsari yang bisa kamu datangi. Desa ini terletak di Kecamatan Petang, Kabupaten Badung, dan merupakan kelahiran dari salah satu pahlawan nasional I Gusti Ngurah Rai.

Karena keindahan wisatanya, Desa Pemuteran sempat masuk 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021, lho. Adapun sejumlah spot wisata tersebut terdiri atas wisata buatan, wisata budaya, dan wisata alam. Wisata buatan yang ada di Desa Wisata Carangsari yakni Bali Elephant Camp, Alam Tirta Carangsari Rafting, Ayung River Rafting dan Triana Resort Bali.

Sementara wisata budaya di antaranya Monumen I Gusti Ngurah Rai, Tari Topeng Tugek, Tarian Maskot Carangsari, Puri Agung Carangsari, Pura Puseh Kangin Carangsari, Kampung Nyama Toko. Sedangkan untuk wisata alam terdapat Taman Beji Samuan, Carangsari Village Cycling, Carangsari Village Trekking dan Lekaja Bali Swing. Tidak hanya itu saja, di sini kamu bisa menjelajah perkebunan hingga membuat cokelat sendiri. Seru banget bukan?

4. Desa Tetebatu, Nusa Tenggara Barat

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang kaya akan destinasi wisata. Tidak hanya gunung dan pantai saja, melainkan ada banyak desa wisata.Foto: Dok. Indonesia Travel

Berlibur ke Lombok, nggak lengkap jika tidak mengunjungi Desa Tetebatu. Untuk mencapai desa ini hanya menempuh waktu 2 jam perjalanan dari Kota Mataram. Setibanya di sana, kamu akan disambut oleh hawa sejuk khas pedesaan, ditambah suara serangga dan kicauan burung-burung.

Desa ini juga memiliki pesona keindahan panorama pegunungan dan persawahan nan hijau. Bahkan menjadi spot terbaik untuk menikmati keindahan alam di kaki selatan Gunung Rinjani. Terdapat 6 hal yang menjadi daya tarik wisata di Desa Tetebatu. Di antaranya warisan budaya, wisata alam air terjun di 3 titik, bumi perkemahan, wisata ramah lingkungan dan rute lintasan sepeda gunung.

5. Desa Wae Rebo, Nusa Tenggara Timur

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang kaya akan destinasi wisata. Tidak hanya gunung dan pantai saja, melainkan ada banyak desa wisata.Foto: Dok. Kemanparekraf

Kamu sudah dengar tentang pesona alam di Desa Wae Rebo? Desa ini berada di atas ketinggian 1.000 mdpl, sehingga sering disebut surga di atas awan. Hal ini karena potensi alamnya yang unik dan menawan. Salah satunya yaitu 7 rumah ada yang menjadi ikon Desa Wae Rebo, yakni Mbaru Niang, yang berbentuk kerucut.

Di samping itu, hamparan rumput hijau yang dikelilingi pegunungan lengkap dengan kabut juga menjadi daya tarik pesonanya. Sehingga memberikan kesan magis dan menenangkan.

Itulah tadi 5 rekomendasi desa wisata yang wajib kamu kunjungi. Dengan pesona alam yang indah, tidak heran bila desa-desa tersebut menjadi 'hidden gem' alias surga tersembunyi di dalam negeri. Nggak hanya berwisata, liburan di desa wisata juga membantu pemulihan pariwisata setempat.

"Di tahun 2021, saat pariwisata mengalami banyak tantangan, kunjungan wisatawan desa wisata berdasarkan data yang kami terima, meningkat 30 persen. Oleh karena itu harus kita gunakan momentum ini untuk kebangkitan kita bersama dan pemulihan ekonomi kita pascapandemi," ujar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, dikutip dari laman resmi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Kamu nggak perlu khawatir karena kelima desa tadi sudah tersertifikasi CHSE dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI. Namun pastikan selama beraktivitas, kamu tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan ketat berupa 6M (memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menghindari kerumunan, membatasi mobilitas, serta menghindari makan bersama).

Pastikan juga kamu sudah melakukan vaksinasi di fasilitas kesehatan atau sentra vaksinasi terdekat sebelum liburan.

Untuk informasi dan inspirasi lainnya terkait destinasi wisata di Indonesia, kamu bisa follow akun Instagram @pesona.indonesia dan TikTok @pesonaindonesia. Kamu juga bisa ikuti Pesona Punya Kuis (PUKIS) di laman Instagram tersebut untuk raih hadiah jutaan rupiah dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).



Simak Video "Kini Penginapan di Desa Wisata Bisa Diakses Via Platform Digital"
[Gambas:Video 20detik]
(akd/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA