Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 09 Mar 2022 12:43 WIB

TRAVEL NEWS

5 Olahraga Seru untuk Dicoba di Mandalika, Cocok buat Tantangan Diri!

Ilustrasi surfing
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Nama kawasan Mandalika semakin dikenal sebagai salah satu destinasi menarik #DiIndonesiaAja. Apalagi, dengan segera berlangsungnya balapan kelas dunia MotoGP Mandalika di Sirkuit Mandalika.

Selain bisa menyaksikan adu balap MotoGP di Destinasi Super Prioritas Mandalika di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) ini kamu juga bisa loh menjadikan Mandalika sebagai tujuan wisata olahraga. Sebab, Mandalika juga merupakan kawasan sport tourism dengan pemandangan memesona yang patut dicoba oleh penyuka tantangan.

Untuk kamu yang ingin berkunjung ke Mandalika, ini lima kegiatan olahraga di spot #WonderfulIndonesia yang bisa kamu coba:

Ilustrasi wisata batu karang.Ilustrasi wisata batu karang. Foto: Shutterstock

1. Berenang

Sudah bukan rahasia lagi kalau kawasan Mandalika punya banyak pantai eksotis dengan pemandangan yang menawan. Karenanya, sayang sekali jika kamu melewatkan kesempatan berolahraga renang saat berkunjung ke Mandalika.

Kamu bisa main air sepuasnya saat berwisata di kawasan ini. Ada Pantai Serenting untuk kamu yang ingin merelaksasi pikiran, Pantai Seger yang kental akan budaya dan tradisi lewat perayaan Bau Nyale, hingga Pantai Tanjung Aan yang terkenal dengan keindahan matahari terbenam dan hamparan pasir putihnya.

Tak kalah unik, di Pantai Nambung kamu juga bisa menemukan air terjun di tengah pantai. Pengalaman berenang dan main air di lokasi ini bakal semakin memuaskan dengan derasnya air terjun yang mengalir di antara bebatuan pantai.

2. Bersepeda

Ilustrasi bersepeda di pantai saat senja.Ilustrasi bersepeda di pantai saat senja. Foto: Shutterstock

Ingin sedikit lebih santai? Olahraga bersepeda mungkin bisa jadi pilihan. Kamu bisa susuri pantai di Mandalika dengan mengendarai sepeda sembari menikmati lanskap alam yang memesona.

Sebagai salah satu surga tersembunyi dan area sport tourism yang dibanggakan, Mandalika juga didukung oleh infrastruktur yang memadai. Sehingga, kamu bisa bersepeda dengan nyaman menyusuri kota maupun pantai saat berkunjung ke area wisata ini.

3. Jogging

Ilustrasi lari di pantai.Ilustrasi lari di pantai. Foto: Shutterstock

Olahraga yang satu ini bisa dilakukan di waktu senggang, baik di pagi maupun sore hari. Selain menyehatkan fungsi jantung dan otak, aktivitas jogging juga diketahui bisa mencegah stres dan memperbaiki suasana hati, lho!

Bukan hanya hati yang tenang, kamu juga bisa memanjakan mata dengan menikmati pemandangan saat melakukan jogging di Mandalika. Misalnya, dengan memilih jogging track di sekitar pantai untuk menikmati latar panorama laut dan pasir putih yang memesona.

Sambil jogging, kamu juga bisa ikut #BeliKreatifLokal dengan membeli produk-produk unggulan khas Mandalika untuk mendukung sektor ekonomi kreatif di sana.

4. Trekking

Ilustrasi pemandangan laut.Ilustrasi pemandangan laut. Foto: Shutterstock

Aktivitas trekking pas banget buat dicoba kamu yang suka tantangan. Apalagi, Mandalika punya berbagai hamparan bukit yang bisa kamu daki, seperti Bukit Selong dan Bukit Merese.

Di puncak Bukit Selong, kamu bisa menyaksikan panorama alam megah yang sebanding dengan jerih payah mendaki bukit ini. Untuk mencapai puncak setinggi 1.800 mdpl, kamu harus melewati ratusan anak tangga di sepanjang jalur trekking. Menantang, bukan?

Selain itu, ada jalur trekking ke Bukit Merese yang menyuguhkan panorama eksotis di Mandalika. Di sini, kamu bisa menikmati senja yang cantik serta melihat hamparan rumput hijau yang memenuhi permukaan bukit saat berkunjung di musim hujan.

Jika kamu berkunjung di musim kemarau, bukit ini juga menyajikan hamparan rumput kering menguning yang nggak kalah stunning!

5. Selancar

Ilustrasi berselancar.Ilustrasi berselancar. Foto: Shutterstock

Nggak cuma menantang, olahraga yang satu ini akan menguji adrenalinmu. Bagi para pencinta selancar, Pantai Mawi, Pantai Ubrug, dan Pantai Seger bakal jadi destinasi favorit karena lokasi wisata ini memiliki gulungan ombak dan arus yang sempurna dengan panorama pantai yang indah.

Pastikan kamu sudah menyiapkan papan selancar dan fisik yang prima sebelum menguji kemampuan berselancar di destinasi wisata ini. Mari ciptakan pengalaman seru tak terlupakan dengan berwisata olahraga di Mandalika yang penuh pesona dan jangan lupa untuk selalu berhati-hati saat berolahraga.

Selama beraktivitas di luar ruangan, pastikan untuk selalu menerapkan protokol kesehatan ketat berupa 6M (memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menghindari kerumunan, membatasi mobilitas, serta menghindari makan bersama). Pastikan juga kamu sudah melakukan vaksinasi di fasilitas kesehatan atau sentra vaksinasi terdekat sebelum pergi berlibur.

Untuk informasi dan inspirasi lainnya terkait destinasi wisata di Indonesia, kamu bisa follow akun Instagram @pesona.indonesia dan TikTok @pesonaindonesia. Kamu juga bisa ikuti Pesona Punya Kuis (PUKIS) di laman Instagram tersebut untuk raih hadiah jutaan rupiah dari Kemenparekraf.



Simak Video "Tes Pramusim MotoGP 2023 Tak Singgah ke Mandalika, Apa Sebabnya?"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA